SILATURRAHIM DAN ORIENTASI DOSEN BARU INSTIKA

INSTIKA Sabtu, 24 September 2016 09:52 WIB
1162x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – Instika – Dalam rangka membangun hubungan baik antar dosen dan untuk menyamakan visi dan misi akademik dosen, Instika mengadakan acara silaturrahim dan orientasi akademik khusus dosen baru bertempat di Aula Mini Instika (22/09/2016). Acara ini dihadiri oleh sekitar 20 dosen baru, para karyawan, seluruh dekan dan kajur masing-masing fakultas, dan pimpinan Instika.

Rektor Instika, Drs. K.H. Abbadi Ishomuddin, M.A., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengenalan visi-misi, lingkungan, dan seluruh civitas akademika Instika dirasa sangat penting untuk diketahui oleh para dosen baru. Terlebih Instika berada di bawah naungan Pesantren Annuqayah. Harapannya, dosen baru dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan dan lain sebagainya tidak jauh dari nilai-nilai luhur yang dibangun Pesantren Annuqayah

Silaturrahim dan orientasi dosen baru ini tersusun dalam serangkaian acara sehari penuh (07:30 – 16:00 WIB), terdiri dari tiga sesi: sesi pertama diisi dengan pembukaan dan sambutan oleh Rektor Instika. Lalu dilanjutkan dengan pelantikan dan penyerahan SK secara simbolik kepada karyawan baru di lingkungan Instika.

Sesi kedua diisi dengan penyampaian visi-misi dan profil ideal pendidik di Pesantren Annuqayah oleh K. Muhammad Zammil el-Muttaqien. Tujuan dari diangkatnya tema ini adalah dosen baru mengetahui visi-misi dan paham (manhaj) Pesantren Annuqayah yang diyakini oleh pendiri dan pengasuh Annuqayah. Dari ini diharapkan akan lahir pendidik sebagaimana yang diidealkan Pesantren Annuqayah.

Penyampaian visi-misi dan paradigma kampus Instika oleh Dr. K. Maimun, M.Ag., selaku Wakil Rektor I bidang akademik dan pengembangan institusi, menempati sesi ketiga. Selain visi-misi, dosen baru diberi pengetahuan mengenai landasan filosofis dalam proses pendidikan di kampus Instika. Landasan filosofis ini diberi nama Qiyam Asasiyah TATAKRAMA yang merupakan kepanjangan dari kata Taqwa, Tafaqquh, Khidmah, dan Rahmatan lil’alamin.

Sesi terakhir diisi oleh K.H. Mohammad Hosnan, M.Pd., Wakil Rektor II bidang keuangan, administrasi umum, dan ketenagaan/SDM. Materi yang disampaikan adalah tentang kode etik, hak, dan kewajiban dosen Instika. Dari sini dosen baru mengetahui kewajiban dan haknya sebagai dosen serta kode etik yang harus dipatuhi di lingkungan Instika.

Selaku pimpinan tertinggi di Instika, Drs. K.H. Abbadi Ishomuddin, M.A., menyampaikan terimakasih kepada para dosen baru yang telah bersedia bergabung dengan Instika. “Suatu kehormatan bagi kami karena para dosen baru bersedia bergabung dengan kami yang berada di bawah naungan Pesantren Annuqayah,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas dosen, Rektor mengharapkan kepada pihak-pihak terkait di lingkungan Instika untuk selalu mengadakan kegiatan workshop, seperti workshop metode penyampaian pembelajaran, workshop metode pembuatan satuan acara perkualiahan (SAP), dan lain sebagainya.

“Acara semacam ini penting dilakukan guna meningkatkan kualitas dosen,” tegas beliau di detik-detik akhir sambutannya. (Masykur Arif/LP2D)

 

Fotografer: Khairul Anam, S.Sy.