FAKULTAS USHULUDDIN KEMBALI UTUS KAPRODINYA KE ACARA KKNI DI SURABAYA

INSTIKA Selasa, 27 September 2016 08:46 WIB
767x ditampilkan Berita

Surabaya - Instika - Setelah salah satu Kajur Ushuluddin mengadakan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) di Jombang, kini Dekan Fakultas Ushuluddin, M. Musthafa, MA., mengutus kaprodi AT (Akhlak Tasawuf), Mahmudi, M.Fil.I., untuk mengikuti acara KKNI  di Hotel Ibis Styles, Surabaya, (21-22/09/2016) yang lalu. “Acara ini harus diikuti untuk meningkatkan kualitas program studi yang berada di bawah Fakultas Ushuluddin,” demikian ungkap Dekan Ushuluddin.

Menurut Mahmudi, M.Fil.I. yang hadir ke acara KKNI yang bertema, Lokakarya Program Studi PTKIS Kopertais Wilayah IV Surabaya, tersebut, bahwa acara ini diikuti oleh kaprodi PTKIS (Perguruan Tinggi Keislaman Swasta) se Kopertais wilayah IV Surabaya, khususnya yang menjadi anggota Asosiasi Prodi sebanyak 80 peserta.

“Dalam acara itu kami membuat kesepakatan tentang profil lulusan masing-masing prodi. Untuk jurusan AT, profil lulusannya diantaranya adalah menjadi praktisi sufi, peneliti, dan pendidik,” tuturnya.

Sehubungan dengan itu, lanjutnya, seluruh kaprodi menetapkan mata kuliah (kurikulum) yang akan dilangsungkan dalam proses perkuliahan demi mencapai profil lulusan tersebut. “Tetapi masing-masing PT tidak harus sama dalam menetapkan mata kuliah. Kekhasan mata kuliah masing-masing PT tetap ada. Tetapi profil lulusannya harus sama. Ini dianjurkan oleh kopertais IV,” ungkapnya.

Acara itu berlangsung selama dua hari tiga malam. Peserta mengerjakan tugas dengan sangat serius dan waktunya sangat padat. Selama acara hanya ada sedikit waktu untuk istirahat. “Selain menetapkan masalah profil lulusan dan capaian pembelajaran, kami juga menyusun MKSK (Mata Kuliah Standar Kompetensi),” katanya.

Jurusan Akhlak Tasawuf asosianya bernama For Prodi Akhlak dan Tasawuf. Kata Mahmudi, se Kopertais wilayah IV Surabaya, jurusan AT untuk PTKIS hanya ada dua, yaitu satu di Fakultas Ushuluddin Instika sendiri dan dua di STAI al-Fitrah, Surabaya. “Jurusan AT Fakultas Ushuluddin Instika akan terus kami perjuangkan untuk menjadi jurusan yang terbaik di bidang Akhlak dan Tasawuf,” Tagas, Mahmudi. (Masykur Arif/LP2D)

 

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi Mahmudi, M.Fil.I.