ORIENTASI DAN KULIAH PERDANA: MAHASISWA BARU DAN LAMA PASCASARJANA SESAKI AULA MINI INSTIKA

INSTIKA Kamis, 29 September 2016 10:54 WIB
886x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - Instika - Untuk memberikan pengetahuan awal tentang dunia perkuliahan di pascasarjana (jenjang pendidikan S-2), Instika mengadakan orientasi dan kuliah perdana bagi mahasiswa baru pascasarjana (24/09/2016) di Aula Mini Instika. Terdapat 27 mahasiswa baru pascasarjana yang mengikuti orientasi ini.

Sementara itu, dalam kuliah perdana pascasarjana yang dibuka untuk umum, tidak hanya mahasiswa baru yang mengikuti, tetapi juga mahasiswa lama ikut meramaikan, sehingga Aula Mini Instika terlihat begitu sesak dengan peserta. “Ini membuktikan bahwa tema kuliah umum/perdana sangat menarik bagi mahasiswa pasca,” tutur panitia pelaksana, Paisun, M.Pd.I.

Orientasi dan Kuliah Perdana kali ini bertema; “Peluang dan Tantangan PTKI Pesantren sebagai Pusat Kajian Islam Dunia”. Nara sumber yang dihadirkan adalah Dr. Islah Gusmian, M.Ag. “Tema ini diangkat sesuai dengan prodi pascasarjana Instika yang konsentrasinya adalah pendidikan kepesantrenan,” ungkap Fathor Rachman, S.Pd.I, M.Pd., selaku Ketua Prodi Pascasarjana Instika.

Khusus orientasi mahasiswa baru pascasarjana, lanjut Fathor Rachman, mereka diajak untuk mengenal lingkungan pascasarajana Instika, nuansa akademik, dan tantangan keilmuan yang akan dihadapi selama mengikuti pendidikan jenjang S-2. Tentu mahasiswa pascasarjana dituntut lebih mendalam dan luas, melebihi mahasiswa S-1, dalam mengkaji dan meneliti sebuah persoalan.

“Dari adanya orientasi ini diharapkan mahasiswa baru pascasarjana siap menghadapi tantangan akademik sesuai dengan konsentrasinya,” tambahnya.

Pada saat ini, program studi Pascasarjana Instika masih satu, yaitu Prodi PAI dengan konsentrasi Pendidikan Kepesantrenan. “Melihat banyaknya mahasiswa baru yang mendaftar, Instika terus berupaya untuk menambah beberapa program studi baru di pascasarjana, yang sesuai dengan perkembangan zaman dan minat masyarakat yang ingin melanjutkan perkuliahan ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya. (Masykur Arif/LP2D)

 

Fotografer: Khairul Anam, S.Sy.