TINGKATKAN MUTU DOSEN

INSTIKA Senin, 21 November 2016 15:56 WIB
2027x ditampilkan Berita

Sumenep - Instika - LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Instika mengadakan Workshop Pekerti Dosen dengan tema “Strategi Peningkatan Kompetensi Dosen”, Sabtu-Ahad (12-13/11/2016) lalu di Hotel Dreamland Sumenep.

Sekitar 30 dosen mengikuti workhshop ini, yang terdiri dari dosen baru dan dosen lama yang belum mengikuti Workshop Pekerti Dosen pada tahun-tahun sebelumnya.

Workshop ini menghadirkan pemateri tunggal, Dr. Agus Zainal Arifin dengan judul makalahnya “Kurikulum dan Strategi Pembelajaran”.

“Beliau adalah tutor nasional di bidang kurikulum dan strategi pembelajaran. Dengan menghadirkan beliau, diharapkan kita bisa memahami kurikulum yang sesuai dengan KKNI dan mampu mendesain pembelajaran yang sesuai KKNI,” kata Rektor Instika Drs. H. Abbadi Ishomuddin, MA., dalam sambutannya.

Dalam penyampaiannya, Dr. Agus menjelaskan tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), kurikulum yang sesuai dengan KKNI, dan strategi pembalajaran yang mendukung capaian pembelajaran.

Menurutnya, adanya KKNI tidak lepas dari dua alasan, yakni alasan eksternal dan internal. Alasan eksternal meliputi tantangan dan persaingan global serta ratifikasi Indonesia di berbagai konvensi. Sedangkan alasan internal mencakup kesenjangan mutu, jumlah, dan kemampuan, beragam pendidikan, beragam aturan kualifikasi, dan relevansi penghasil dan pengguna.

“Tujuan dari KKNI adalah membuat kesetaraan dalam jenjang pendidikan, standar kompetensi lulusan, penilaian, dan pengakuan kualifikasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Dalam membuat Rencana Pembelajaran (RP), dosen disarankan memperhatikan Capaian Pembelajaran (CP) yang sesuai dengan profil lulusan dan mencakup 4 hal, yakni sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan penguasaan pengetahuan.

“Dalam RP harus dicantumkan target pencapaian pembelajaran. Selama ini banyak dosen yang fokus perkuliahannya pada materi ajar, bukan pada capaian pembelajaran yang sebenarnya adalah target utama,” terangnya.

Karena itulah, kata Dekan Fakultas Teknologi Informasi ITS ini, dalam setiap pertemuan hendaknya dosen fokus pada pencapaian pembelajaran dengan ragam metode dan strategi pembelajaran yang dapat digunakan guna mencapai target CP tersebut. (Masykur Arif/LP2D)

Fotografer: Khairul Anam/LP2D