Yuk, Kuliah Gratis di Instika!

INSTIKA Sabtu, 13 Mei 2017 20:39 WIB
1697x ditampilkan Berita

Bukan hanya kali ini, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswa guru Madrasah Diniyah, tetapi sudah ke-10 kalinya sejak tahun 2007 hingga sekarang. Melalui kerjasama dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, INSTIKA telah berhasil men-sarjana-kan 300 lebih guru Madrasah Diniyah tanpa biaya.

Kesempatan yang sama bagi guru Madrasah Diniyah yang belum sarjana, kini terbuka lebar-lebar; kuliah gratis. INSTIKA berganding tangan dengan Pemerintah Provinsi melalui program peningkatan kualifikasi guru Madrasah Diniyah, kembali melakukan perekrutan mahasiswa baru yang akan dibuka pada hari Sabtu – Kamis, 10 - 15 Juni 2017, bertempat di Kantor Fakultas Tarbiyah INSTIKA pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB.

Bagi calon mahasiswa program tersebut, akan dijaring melalui tes yang akan dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, 10-12 Juli 2017 (tahap I) dan akan dites oleh Tim Pemprof Jawa Timur 15–16 Juli 2017 (tahap II). Materi tes yang akan disuguhkan kepada calon mahasiswa, yaitu tes tulis pengetahuan agama (Qur’an Hadits, Tauhid, Fiqh, Ushul Fiqh dan SKI) dan tes lisan (baca kitab Fathul Qorib).

Hasil tes bukanlah jaminan satu-satunya untuk mendapatkan kuliah gratis, tetapi ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi, Pertama, usia minimal 21 tahun dan maksimal 45 tahun terhitung per 01 September 2017. Kedua, penduduk asli Jawa Timur yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan minimal mengabdi selama 2 (dua) tahun di lembaga yang memberi rekomendasi.

Adapun persyaratan khusus, antara lain: mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan foto copy Ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA atau sederajat dengan transkrip nilai yang telah dilegalisir sebanyak 3 lembar,  photo terbaru hitam putih asli (bukan polaroid atau hasil cetak printer) ukuran 3x4 sebanyak 5 (lima) lembar, Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kapolsek setempat (SKCK), SK mengajar tahun pertama dan terakhir, foto copy Piagam Ijin Operasional Madrasah Diniyah.

Selain  itu, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa ketentuan: tidak sedang menempuh perkuliahan di perguruan tinggi lain minimal 5 tahun terhitung per 01 September 2017, bersedia mengikuti seluruh kegiatan akademik, bersedia mematuhi Kode Etik Mahasiswa (KEM), setelah lulus tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), setelah lulus akan kembali mengabdi ke Madrasah Diniyah Asal, tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga/pihak lain, apabila tidak dapat menyelesaikan kuliah/studi berkewajiban mengembalikan semua biaya pendidikan yang telah ditempuh, menyediakan Materai 6000 tiga lembar, dan foto copy KTP 3 lembar.

Mekanisme perekrutan mahasiswa Guru Diniyah ini, diantaranya bahwa, setiap peserta yang memenuhi syarat administrasi tersebut berhak mengikuti tes, tes seleksi akan dilaksanakan dua tahap, tahap pertama oleh INSTIKA (akan mengambil 40 peserta), bagi peserta yang lulus tahap pertama berhak mengikuti seleksi tahap kedua oleh Tim Pemprof Jawa Timur (akan mengambil 29 peserta), bagi peserta yang dinyatakan lulus tahap kedua, berhak mendapatkan beasiswa penuh, dan bagi peserta yang tidak lulus seleksi pemprov dapat memperoleh beasiwa INSTIKA.

Seluruh berkas persyaratan sebagaimana dijelaskan di awal, dimasukkan ke dalam map warna hijau (untuk putra) dan warna merah (untuk putri). Berkas-berkas tersebut menjadi hak panitia penyelenggara. Dalam hal ini, peserta calon mahasiswa tidak dipungut biaya apapun. Hal-hal yang kurang jelas terkait dengan program ini, calon mahasiswa dapat menghubungi langsung panitia pelaksana di sekretariat panitia atau menghubungi 081803157319–085257556954-081931636530. Kepada para guru Madrasah Diniyah, selamat menikmati kuliah di INSTIKA!

Sumber