SAMBUTAN REKTOR

INSTIKA Sabtu, 3 Juni 2017 12:57 WIB
306x ditampilkan

Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillah, sega lapuji kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahnya. Shalawatullah wasalamuhu semoga terus menerus dicurahkan kepada Nabi kita Muhammmad SAW. beserta seluruh keluarga, sahabat dan para pengikutnya. 

Sungguh merupakan kebanggaan bagi saya memperkenalkan secara singkat Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) kepada para pembaca. Dimulai dari program studi (prodi) Qadha’/Muamalat pada tahun 1984, kini INSTIKA telah memiliki sepuluh prodi dan menjadi Perguruan Tinggi Keislaman Swasta (PTKIS) terbesar di Madura, bahkan menjadi PTKIS yang sangat diperhitungkan di wilayah Kopertais IV. Sebagai salah satu bukti, INSTIKA memperoleh penghargaan Terbaik dalam pelaporan akademik di SIMKOPTA dan terpilih menjadi coordinator penjaminan mutu bagi PTKIS se Kopertais IV.

INSTIKA juga memiliki beberapa pusat studi seperti Pusat Pengembangan Bahasa dan Qur’an (P2BQ) dan Pusat Studi Kewirausahaan Mahasiswa Instika (PUSAKA). Hal ini menjadi daya dukung untuk mengembangkan dan memperkaya kompetensi mahasiswa, sehingga ketika telah menyelesaikan pendidikannya, mereka sudah mempunyai bekal untuk hidup di masyarakat. Dengan bahasa lain, para alumni Instika tidak hanya membawa selembar ijazah akan tetapi juga akan memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang menerangkan keahlian lain yang dimilikinya.

Kenyamanan di dalam kampus sangat didukung oleh keadaan dan lingkungan yang kondusif. INSTIKA merupakan salah satu unit dari sistem pendidikan Pondok Pesantren Annuqayah yang telah berdiri sejak tahun 1887 M. Kultural ademik pesantren dan tradisi pesantren lainnya sangat dirasakan di kampus ini. Maka sangat logis jika kemudian nilai-nilai pesantren kami ramu menjadi landasan filosofis proses pendidikan di kampus ini yang kami namakan dengan Qiyam Asasiyah TATAKRAMA sebagai kepanjangan dari kata Taqwa, Tafaqquh, Khidmah dan Rahmatan lili’alamin. Di samping itu, INSTIKA secara geografis terletak di dataran relatif tinggi, yaitu ±117 meter meter dari permukaan laut. Bukit Lancaran, dengan udara yang sejuk dan lingkungan yang rindang serta jauh dari kebisingan.

Akhirnya, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terbitnya website Instika ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta stake holder lainnya.