UPT Pertanian Kunjungi Posko XXIV KKN INSTIKA

LP2M Rabu, 16 Agustus 2017 10:14 WIB
293x ditampilkan Berita

RUBARU- Desa Rubaru merupakan desa yang memiliki potensi di bidang pertanian, karena memang tanahnya yang subur, sehingga untuk menjaga kesuburannya perlu menggunakan yang namanya pupuk organik.

Setelah Rabu (09/08/2017) mahasiswi KKN Riset Partisipatif berkunjung ke UPT Pertanian kecamatan Rubaru,  maka pada (10/08/2017) dua orang dari UPT Pertanian juga mengunjungi Posko XXIV. Dua orang tersebut adalah bapak Agus dan bapak Bakhtiar, yang tiba di Posko tepat jam 14.56 WIB.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk melihat  persiapan pelatihan pembuatan pupuk organik yang diagendakan akan dilaksanakan sabtu (12/08/2017). Selain itu juga untuk melihat lokasi dan memberikan pengantar kepada peserta KKN tentang cara pembuatan pupuk organik.

"Untuk menghasilkan pupuk organik yang lebih bagus kita bisa menggunakan Effective Microorganisms 4 (EM4) dan Atonik," bapak Bakhtiar menuturkan. "Itu bisa dipakai baik untuk pupuk organik yang padat ataupun yang cair."

Kunjungan tersebut juga mendapat respon positif dari Bapak Jatim, tuan rumah, yang merupakan salah satu anggota kelompok tani Pancor Jaya Rubaru. Beliau sangat mendukung kegiatan pembuatan pupuk organik yang akan diadakan oleh mahasiswi KKN yang bekerjasama dengan UPT Pertanian tersebut.

Hasil dari perbincangan sore tersebut diputuskan bahwa pupuk yang akan diolah berupa pupuk organik padat dengan bahan dasar kotoran hewan, dan pupuk organik cair dengan bahan dasar sabut kelapa. Semuanya menyetujui karena alat dan bahan sudah tersedia di lokasi.
(Qori'atul Fajriyah/ Posko XXIV).