Kecamatan Batuan Gelar Lomba Gerak Jalan

LP2M Sabtu, 19 Agustus 2017 06:56 WIB
448x ditampilkan Berita

BATUAN-Sabtu (11/08/2017), Pemerintah Kecamatan Batuan mengadakan Lomba gerak jalan dikhususkan untuk tingkat pelajar, yang meliputi dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat, yang berada di kawasan Kecamatan Batuan.

Menurut Bapak Marzuki, selaku koordinator tim lomba, mengatakan bahwa lomba gerak jalan merupakan hal yang positif. Selain untuk olahraga menjaga kesehatan, di dalamnya juga terkandung rasa semangat kebersamaan, kekompakan, dan sportifitas dalam perlombaan. Namun, yang terpenting adalah upaya membangun mental dan karakter anak bangsa yang berkeperibadian luhur, sehingga menjadi harapan masa depan bangsa.

Lomba gerak jalan 5 kilometer ini dilepas oleh bapak Camat Batuan Moh. Hanafi S.IP, Pukul 06.00 WIB, di depan kantor Kecamatan Batuan. Ditandai dengan pelepasan bendera dari bapak Camat, satu persatu tim regu meninggalkan garis start untuk menyelesaikan rute perjalanan yang mesti ditempuh.

Bapak Marzuki menambahkan, lomba gerak jalan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. “Lomba ini dibagi dalam dua tingkat, yaitu untuk tingkat SD sederajat dan tingkat SMP dan SMA sederajat. Sedangkan jumlah peserta keseluruhan yang mengikuti lomba gerak jalan 5 kilometer ada 30 regu putra dan putri. Dengan rincian 18 regu tingkat SD dan 12 regu untuk tingkat SMP dan SMA, namun yang bisa hadir dalam lomba tersebut hanya 22 regu” tambahnya.

Devy Nur Maulidya, salah satu peserta gerak jalan delegasi dari SMAN 1 Batuan, mengaku sangat antusias dalam mengikuti perlombaan. Hal ini disebabkan karena selain ia bisa mengimplementasikan pelajaran olahraga di sekolah, ia juga merasa bangga lantaran bisa menjadi duta sekolah. “Menjadi duta sekolah menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya pribadi. Karena saya sekolah tidak hanya asal sekolah saja yang hanya berkutat dengan materi di kelas, akan tetapi juga bisa menjadi delegasi almamater tempat saya sekolah. Syukur-syukur kalau nantinya bisa juara dan mengharumkan sekolah tercinta,” ungkapnya saat ditemui seusai lomba.

Devy, begitu ia akrab disapa, menambahkan, sekolah kami memang jauh-jauh hari sudah berlatih kekompakan dan kebersamaan dengan didampingi guru Olahraga, Bapak Khairul Anam. Sedangkan bapak Khairul Anam sendiri mengungkapkan, bahwa SMAN 1 Batuan mendelegasikan empat regu, masing dua regu putra dan putri. Peserta gerak jalan delegasi SMAN 1 Batuan ini masing-masing terdiri dari siswa kelas X dan XI dengan berbagai macam jurusan. “Kami sengaja tidak mengikutsertakan siswa kelas XII agar mereka bisa melakukan banyak persiapan dan fokus kepada ujian kelulusan nanti di akhir tahun,” pungkasnya.

Menurut Bapak Sulaiman, salah satu anggota tim lomba, ada beberapa hambatan dalam pelaksanaa lomba gerak jalan kali ini, yaitu tidak hadirnya tim juri dari pihak Kepolisian dan TNI. Padahal surat permohonan menjadi juri sudah dikirim. Bahkan, ketika rapat meeting mereka juga hadir. Untungnya, tim juri dari pihak UPT Pendidikan kecamatan Batuan dan guru Olahraga di sekolah-sekolah hadir semua dan juga berkat partisipasi teman-teman KKN INSTIK Annuqayah ini. “Alhamdulillah, berkat bantuan teman-teman KKN INSTIKA 2017 ini, yang bisa juga bisa didapuk jadi tim juri juga, acara ini berjalan dengan lancar dan maksimal. Meskipun pada dasarnya masih jauh dari kata sempurna,” tambahnya di akhir perjumpaan. (A. Habiburrahman/ Posko XIV Batuan).