HMJ PS GELAR DIALOG INTERAKTIF TENTANG LKS

INSTIKA Kamis, 7 Desember 2017 09:33 WIB
432x ditampilkan Berita

Guluk-guluk - Instika - Dalam rangka membicarakan peran Lembaga Keuangan Syariah (LKS) guna menyambut Visit Sumenep 2018, Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah (HMJ-PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Instika menggelar Dialog Interaktif dengan tema ‘Visit Sumenep; Upaya Lembaga Keuangan Syariah dalam Meningkatkan Perekonomian Sumenep’, Rabu (6/12/2017) di Aula Mini Instika.

Acara itu dihadiri Kaprodi PS Nur Hasan Zaifullah, S.P., M.AB. dan sekitar 100 mahasiswa sebagai peserta. Direktur BMT NU Jawa Timur Masyudi dan Direktur UJKS Koppontren Annuqayah K. M. Muzammiel el-Muttaqien hadir sebagai penyaji.

Ketua HMJ-PS Moh. Faiq melaporkan, acara tersebut mempunyai tujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai peran LKS dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Diharapakan, dari acara ini mahasiswa PS dapat berperan serta di LKS.

“Sebenarnya kegiatan ini merupakan salah satu wujud tindak lanjut dari kegiatan Diskusi Mingguan dan Kelas Keilmuan yang selama ini telah dijalankan oleh HMJ-PS Divisi Pendidikan dan Penalaran,” ujar Faiq.

Setelah acara tersebut, tambahnya, guna mengembangkan jiwa kewirausahaan, HMJ-PS berinisiatif mendirikan Koperasi Perbankan Syariah yang dikelola oleh HMJ-PS. Adapun modalnya akan dihimpun dari iuran mahasiswa PS.

Berdasarkan laporan Faiq, para penyaji dalam acara tersebut mendorong mahasiswa untuk menjadikan dan memanfaatkan LKS dengan sebaik mungkin. Dengan adanya LKS melalui berbagai akad yang ada, diharapkan ekonomi masyarakat semakin meningkat sehingga masalah kemiskinan menjadi terurai.

“Para penyaji memotivasi kami untuk mengubah mindset agar tak menjadi pekerja namun mencipta lapangan kerja. Sehingga Visit Sumenep tak hanya sekadar menjadi wacana akan tetapi terwujud nyata,” kata Faiq.

Sementara itu, Kaprodi PS Nur Hasan Zaifullah dalam sambutannya menyampaikan, fakultas sangat mengapresiasi terhadap Pengurus HMJ-PS yang telah dengan semangat mengadakan acara Dialog Interaktif.

“Sekalipun PS adalah prodi baru dan masih seumur jagung dari prodi yang lainnya, tetapi HMJ-PS sudah melaksanakan dan mengaplikasikan Kelas Keilmuan dalam wujud Dialog Interaktif ini. Semoga kedepannya HMJ-PS terus berkarya dan melaksanakan program kerjanya. Tunjukkan Perbankan Syariah juga bisa seperti prodi lainnya bahkan nanti bisa melampaui. Perbankan Syariah bisa!,” katanya. (Masykur Arif/LP2D)