ABD. AZIZ MAHASISWA PRODI AT TULIS SKRIPSI BERBAHASA INGGRIS

USHULUDDIN Rabu, 10 Januari 2018 07:53 WIB
220x ditampilkan Berita

Guluk-guluk - Instika – Mahasiswa yang menulis laporan tugas akhir (skripsi) dengan bahasa asing di Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) merupakan hal yang tidak dilarang, bahkan dianjurkan seperti menulis skripsi dengan bahasa Arab atau Inggris.

“Itu tergantung dari kemampuan mahasiswanya,” ungkap Mahmudi M Fil.I kaprodi Akhlak Tasawuf (AT) saat dihubungi melalui WhatsApp (WA) Senin (09/01/2018). Abd. Aziz, salah satu mahasiswa prodi AT yang mengajukan judul dan penulisan skripsi dengan bahasa Inggris diterima oleh kaprodi AT tersebut.

Dekan Fakultas Ushuluddin M. Mushthafa MA yang menguji proposal skripsi Abd. Aziz menyampaikan, sejak dibuka prodi AT 2003, baru sekarang ada mahasiswa AT yang menggarap skripsi dengan bahasa Inggris. “Ini pertama kalinya,” terang K. Mushthafa ketika ditemui usai menguji proposal berbahasa Inggris tersebut di Ruang Ujian Proposal Skripsi Instika Senin (08/01/2018).

Dengan demikian, Abd. Aziz merupakan mahasiswa pertama prodi AT yang menulis skripsi dengan bahasa Inggris. Ia adalah mahasiswa angkatan ketiga prodi AT. Dikabarkan di prodi yang lain, seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES) sudah ada mahasiswa yang menggarap skripsi dengan bahasa Inggris.

Berdasar pengakuan Abd. Aziz ketika mengajukan judul skripsi, ia membawa dua judul, satunya berbahasa Indonesia dan satunya lagi berbahasa Inggris. “Rupanya, judul yang berbahasa Inggris, yaitu ‘Comparative Study of Al-Ghazali’s and Robert Frager’s View Towards Riyadha and Mujahada yang diterima,” ungkapnya bahagia.

Ketika ditanya apa yang memotivasi sehingga menulis skripsi dengan bahasa Inggris, ia menjawab karena selama ini ia menggeluti bahasa Inggris di komunitas santri berbahasa Inggris. “Saya berada di EAL (English Area of Latee) sudah 5 tahun, jadi apa yang saya lakukan ini sebagai media untuk menyalurkan apa yang saya dapat di EAL,” papar mahasiswa yang mondok di Annuqayah daerah Latee ini.

Kontributor: Saiful Fawait

Editor: Masykur Arif, M.Hum