FAKULTAS TARBIYAH BUKA KLINIK PENYUSUNAN JUDUL SKRIPSI

TARBIYAH Kamis, 11 Januari 2018 10:34 WIB
340x ditampilkan Berita

Guluk-guluk - Instika - Banyak mahasiswa yang kesulitan dalam membuat judul skripsi. Meskipun sudah mengantongi judul terkadang mereka masih belum mengerti dengan alasan mengapa memilih judul tersebut.

Hal inilah yang menggelisahkan Fakultas Tarbiyah sehingga Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Ach. Khatib M Pd I membuat program baru akhir 2017 lalu berupa Klinik Penyusunan Judul Skripsi. Program ini khusus mahasiswa prodi PAI yang sudah waktunya mengajukan judul skripsi.

Menurut sekretaris prodi PAI Muhammad Nihwan M Pd I, pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai 26/12/2017 sampai 01/01/2018 yang lalu. “Alhamdulillah mahasiswa antusias mengikuti program baru ini,” ujar Nihwan di kantornya Selasa (09/01/2017).

Adapun mahasiswa yang mengikuti program tersebut harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya mahasiswa diwajibkan membawa judul skripsi yang akan diajukan lengkap dengan kegelisahan akademiknya. Dan bagi mahasiswa yang tidak mengajukan judul di waktu yang telah ditentukan diberi peluang untuk mengajukan lagi tahun berikutnya. “Ini aturan untuk menjamin keseriusan mahasiswa dalam mengikuti program ini,” tambah Nihwan.

Dari hasil pelaksanaan program tersebut, Nihwan melaporkan, banyak mahasiswa membawa judul skripsi namun tidak mengerti dengan alasan mengapa ia memilih judul tersebut. Kaprodi PAI bersama sekretarisnya menginginkan judul yang diajukan berasal dari kegelisahan akademik mahasiswa sendiri bukan karena meniru skripsi-skripsi sebelumnya atau diberi judul oleh orang lain yang tidak diiringi kegelisahan akademik.

“Pada saat klinik kami menjadi tahu, mana mahasiswa yang sungguh-sungguh ingin meneliti atau hanya sekadar main-main. Di sana kemudian kami memberi arahan dan masukan sesuai dengan kegelisahan akademik yang dirasakannya yang memang keluar dari dalam dirinya sendiri,” pungkas Nihwan.

Penulis: Masykur Arif, M.Hum