WARTAWAN INSTIKA.AC.ID IKUTI PELATIHAN JURNALISTIK TAHAP 2

INSTIKA Rabu, 17 Januari 2018 10:53 WIB
209x ditampilkan Berita

Guluk-guluk - Instika - Bagaimana cara memeriksa berita yang kita tulis? Apakah sudah sesuai dengan tata penulisan berita yang benar? Inilah topik yang diangkat dalam Pelatihan Jurnalistik Tahap 2 khusus Wartawan Freelance Website Instika yang dilaksanakan di Kampus Instika Putri, Senin (15/01/2018).

Pada pelatihan lanjutan ini, M. Mushthafa M A menjadi narasumbernya. Ia didampingi Kepala Lembaga Penerbitan, Publikasi, dan Dokumentasi (LP2D) Instika dan Redaktur Pelaksana Website Instika Masykur Arif M Hum.

Pemateri yang akrab disapa Ra Mushthafa ini, selain menyampaikan teknik pencarian dan penulisan berita juga menyampaikan beberapa saran, di antaranya bahwa seseorang yang mengerti teknik mencari dan menulis berita tetapi tidak pernah melaksanakannya maka sulit baginya untuk bisa menulis berita yang benar.

“Kalian memang harus menulis dan menulis. Nanti hasilnya akan semakin baik dengan sendirinya,” terang Ra Mushthafa.

Selain membaca buku-buku jurnalistik guna memahami kerja jurnalistik, Dekan Fakultas Ushuluddin ini juga menyarankan untuk menonton film-film jurnalistik. “Kita bisa menonton film jurnalistik yang mengisahkan bagaimana seorang wartawan mencari atau meliput berita,” katanya.

Ia menambahkan, pada bulan Februari nanti ada Hari Pers Nasional (HPN).  “Di Hari Pers nanti kalian bisa mengadakan festival film (jurnalistik dan kewartawanan),” sarannya bersemangat.

Sebagaimana diberitakan, wartawan freelance instika.ac.id  akan terus mendapatkan pelatihan jurnalistik setiap dua pekan. Hal ini selain untuk menjaga ghirah menulis juga untuk mendiskusikan berita-berita yang kami tulis mulai dari teknik sampai isi. “Dalam pelatihan ini kalian bisa mengundang K. Faizi, K. Muzammil, K. Shalahuddin, dan lain-lain,” ujar Ra Mushthafa.

Kontributor: Lailatul Qamariyah

Editor: Masykur Arif