INSTIKA HADIRI RAKERWIL LPTNU JATIM

INSTIKA Kamis, 25 Januari 2018 08:52 WIB
301x ditampilkan Berita

Guluk-guluk – Instika – Dalam rangka mengembangkan mutu, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) kemarin (19-21/01/2018) menghadiri acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang diadakan LPTNU (Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama) se-Jawa Timur di Hotel Green Hill Baratan Jember.

Acara raker ini diikuti sejumlah Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) yang ada di Jawa Timur. Dari Instika yang hadir adalah Rektor Instika Drs H Abbadi Ishomuddin MA, Wakil Rektor (Warek) II Instika H Mohammad Hosnan M Pd, dan Kepala Biro Administrasi Umum (BAU) Abd Rahman S HI.

Sebagaimana penuturan Warek II kepada instika.ac.id saat ditemui di kantor kerjanya Rabu (24/01/2018), dalam Rakerwil tersebut dibahas beberapa hal terkait pengembangan mutu PTNU di Jawa Timur. Salah satunya dibentuknya Forum Asesor PTNU. Dalam forum ini terhimpun beberapa dosen yang menjadi asesor. Mereka bertugas memberikan pembinaan, pembimbingan, dan pengarahan kepada PTNU se-Jawa Timur. 

Di samping itu, ada juga kerjasama dengan TV9 dalam rangka ekspos kegiatan PTNU se-Jawa Timur. Demikian juga dibahas pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan kualitas pustakawan di PTNU. LPTNU Jawa Timur akan memfasilitasi kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan tersebut.

Acara yang diadakan selama tiga hari itu juga dikemas dengan workshop tentang branding PTNU, bagaimana meningkatkan kapasitas dan kualitas mutu perguruan tinggi,  bagaimana strategi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), dan hal-hal lain yang terkait dengan pengembangan mutu PTNU.

“Instika terlibat di dalamnya. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari workshop itu. Minimal kita memiliki wawasan pengembangan perguruan tinggi ke depan dalam rangka menyongsong era Surplus Demografi. Jadi kita akan berusaha memaksimalkan potensi kualitas perguruan tinggi termasuk layanan kepada masyarakat dan pengembangan keilmuan,” tutur H. Mohammad Hosnan.

Ditambahkannya, acara tersebut memberikan manfaat terhadap pengembangan mutu Instika. Setidaknya ada dua hal penting yang didapat dari acara tersebut, yaitu luasnya jaringan dengan seluruh perguruan tinggi khususnya di Jawa Timur, dan bertambahnya informasi yang diberikan beberapa perguruan tinggi yang sudah menjalin hubungan dengan perguruan tinggi luar negeri.

“Kita ingin memanfaatkan semua itu,” jelasnya.

Kontributor: Saiful Fawait
Editor: Masykur Arif