UKM PRAMUKA INSTIKA LANTIK ANGGOTA BARU

INSTIKA Ahad, 28 Januari 2018 17:03 WIB
68x ditampilkan Berita

Bluto – Instika – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana KH. Abdullah Sajjad Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika), Jumat (26/01/2018) resmi melantik 15 anggota baru di Pantai Aeng Dake Bluto. Upacara pelantikan ini dipimpin Pembina UKM Pramuka Instika Zamzami Sabiq M Psi.

Sebelum pelaksanaan pelantikan, seluruh anggota baru racana dan pengurus pramuka berkumpul di Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Instika  guna mengikuti prosesi pembukaan yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor III Instika Drs H A. Washil M Pd I, Kamis (25/01/2018).

Usai pembukaan, guna mengikuti beberapa materi kepramukaan, seluruh anggota baru racana berangkat menuju kediaman Pembina UKM Pramuka Instika Zamzami Sabiq di Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Aeng Dake Bluto. “Sekitar kurang-lebih 1 km sebelum sampai kediaman Pak Zamzami, peserta disuruh jalan kaki,” ungkap A. Fatoni, senior UKM Pramuka Instika.

Acara pelantikan ini dilaksanakan selama dua hari, Kamis sampai Jumat (25-26/01/2018). Selesai mengikuti materi, Kamis malam sekitar jam 00:00, seluruh anggota melaksanakan jelajah malam dari Pondok Pesantren Nasyrul Ulum ke Pantai Aeng Dake Bluto, tempat pelantikan akan dilaksanakan.

Jelajah malam tersebut ditempuh sekitar 3-4 jam. Dalam perjalanan seluruh anggota baru racana harus melewati tiga pos ujian. “Di setiap pos mereka ditanyakan terkait motivasi, problem, solusi, dan tujuannya aktif di pramuka,” kata Fatoni.

Menurut Ketua UKM Pramuka Racana K.H. Abdullah Sajjad, Rofiki, jelajah malam ini merupakan inti dari kegiatan pelantikan UKM Pramuka Instika. Pada jelajah malam ada istilah ‘Jalan Suci’ ke tempat pelaksanaan upacara pelantikan. Kali ini jalan suci tersebut dilaksanakan pada Malam Jumat Manis (Legi). “Menariknya, anggota baru racana tersebut tidak diberangkatkan secara kelompok, melainkan satu-persatu. Mereka  berjalan dengan jarak 1 KM ke Pantai Aeng Dake hanya dengan berbekal lilin dan sebuah tongkat, dengan tujuan supaya peserta belajar pasrah dan merasa hanya tinggal berdua dengan Allah,” jelas Rofiki.

Setelah semuanya berkumpul di pantai, Pembina Pramuka pun membai’at seluruh anggota baru Pramuka Racana KH. Abdullah Sajjad tersebut.

Ketika ditanya terkait tempat pelantikan, Fatoni menjawab, sebenarnya upacara pelantikan tidak harus dilaksanakan di pantai. Tidak ada aturan yang baku tentang tempat upacara pelantikan. Akan tetapi, pihaknya ingin memberikan kesan yang mendalam kepada anggota baru.

“Panitia ingin membuat suasana pelantikan semenarik mungkin, dengan harapan anggota baru racana bisa lebih semangat, giat, dan aktif di UKM Pramuka Instika,” terangnya saat diwawancarai pada Sabtu (27/01/2018) siang.

Kontributor: Saiful Fawait

Editor: Masykur Arif