PUSKAFA SIAP LAKUKAN KALIBRASI ARAH KIBLAT MASJID DAN MUSALA DI SELURUH DAERAH SUMENEP

SYARI'AH Kamis, 22 Februari 2018 17:39 WIB
286x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – Instika – Salah satu peran mahasiswa adalah agent of change dan social control, yaitu sebagai agen perubahan dan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya terhadap masyarakat yang membutuhkan. Hal inilah yang mendorong pengurus Pusat Kajian Falakiyah (Puskafa) Fakultas Syariah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) untuk mengalibrasi arah kiblat tempat-tempat ibadah (masjid dan musala) di Sumenep.

Namun, sebelum program itu dilaksanakan, pengurus Puskafa didampingi dosen pengampu materi Ilmu Falak, Ahmad Faidal MH berlatih mengalibrasi arah kiblat di halaman kantor Instika, Rabu (21/02/2018) siang kemarin. “Sebagai persiapan terjun ke lapangan, kami menggelar praktik kalibrasi arah kiblat di halaman kantor Instika,” kata Qudsiyanto salah satu pengurus Puskafa.

Dalam melakukan praktik kalibrasi, menurut Ahmad Faidal saat dihubungi melalui WA, Puskafa menggunakan alat bantu Qiblator Vinder. Setelah praktik, katanya, pengurus Puskafa akan melakukan searching data sarana ibadah di seluruh daerah Sumenep yang perlu dikalibrasi arah kiblatnya. “Untuk sementara, kami akan melacak data via satelit (google earth). Setelah itu, kami akan menghubungi tokoh masyarakat yang ada di sekitar sarana ibadah yang perlu dikalibrasi. Lalu, kami akan mengadakan sosialisasi terkait dengan kalibrasi arah kiblat,” katanya.

Berdasar laporan Qudsiyanto, sampai saat ini sudah ada beberapa masjid dari tiga kecamatan di Kabupaten Sumenep yang siap bekerjasama dengan Puskafa. “Kalau tidak ada kendala dan cuaca cerah, Rabu mendatang (28/2/2018) kami akan ke salah satu masjid yang ada di desa Guluk-guluk Barat,” ucapnya.

Sebagai pembimbing, Ahmad Faidal meminta dukungan dan doa dari seluruh civitas akademika Instika. “Semoga program kami ini berjalan dengan lancar dan membawa berkah bagi kita semua,” harapnya.

Kontributor: Saiful Fawait

Editor: Masykur Arif