INSTIKA GELAR SOSIALISASI SPMB DAN BERI PENGHARGAAN PADA LEMBAGA SEKOLAH

INSTIKA Rabu, 28 Maret 2018 14:32 WIB
108x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA – Untuk menyukseskan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) melakukan sosialisasi kepada sekitar 30 lembaga SLTA sederajat yang menjadi mitra INSTIKA, Senin (26/03/2018) di Aula Mini INSTIKA.

30 lembaga ini diundang ke INSTIKA untuk mengikuti acara sosialisasi dan pemberian penghargaan kepada lembaga yang alumninya paling banyak masuk ke INSTIKA.

Sosialisasi yang dihadiri sekitar 60 orang perwakilan dari masing-masing lembaga ini bertujuan untuk mengenalkan kampus INSTIKA secara keseluruhan, menjelaskan syarat-syarat pendaftaran SPMB, waktu pendaftaran, beberapa prodi yang ada, dan beasiswa yang tersedia. Termasuk juga diterangkan proses belajar-mengajar, perjalanan, dan pengembangan kampus INSTIKA.

Rektor INSTIKA Drs K H Abbadi Ishomuddin MA, dalam sambutannya menyampaikan beberapa kelebihan kampus INSTIKA. Diantaranya, dalam paparannya, INSTIKA berada di bawah naungan Pondok Pesantren Annuqayah. Sehingga pemisahan mahasiswa putra dan putri dalam kegiatan belajar-mengajar menjadi hal yang wajib.

Rektor juga menyampaikan sarana dan prasarana kampus INSTIKA yang terus dibangun, serta SDM yang semakin ditingkatkan. “Kami terus melakukan perbaikan demi perbaikan agar INSTIKA terus maju dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” katanya.

Menurut Ketua Panitia SPMB K M Mushthafa MA, acara yang menghadirkan dua orang perwakilan dari masing-masing lembaga yang diundang ini tujuannya supaya masing-masing lembaga mempunyai orang yang tahu dan siap memberitahukan tentang INSTIKA kepada siswa yang akan melanjutkan ke INSTIKA.

“Setiap lembaga diundang 2 orang, yakni Kepala Sekolah dan Wali Kelas akhir. Dua orang ini diharapkan membantu pihak INSTIKA untuk mengenalkan INSTIKA ke siswa kelas akhir, dan bisa menjawab jika ada siswa yang bertanya tentang kampus INSTIKA,” ujar K. Mushthafa saat ditemui di kantor Fakultas Ushuluddin, Selasa (27/03/2018) siang.

Ditambahkannya, sosialisasi tersebut merupakan tahap awal, yang pada akhirnya akan ditindak lanjuti dengan hadirnya Tim Sosialisasi SPMB ke lembaga-lembaga SLTA sederajat, baik yang ada di wilayah Sumenep maupun di luar Sumenep.

“Sosialisasinya nanti tidak hanya berbentuk pengenalan kampus INSTIKA. Tapi, jika pihak sekolah menginginkan, sosialisasinya bisa dalam bentuk lain, misalnya pelatihan-pelatihan. Tim Sosialisasi siap,” katanya.

Pada acara sosialisasi tersebut, Madrasah Aliyah Sumber Payung Ganding Sumenep mendapat penghargaan LCD Proyektor dari panitia SPMB Instika. Sebab, alumni lembaga ini paling banyak masuk ke INSTIKA.

“Sebenarnya ada dua lembaga yang mendapat penghargaan, yaitu MA 1 Putri Annuqayah dan Madrasah Aliyah Sumber Payung. Tetapi, yang dari MA 1 Putri Annuqayah tidak hadir,” jelas M Mushthafa.

Dalam brosur SPMB INSTIKA Tahun Akademik 2018/2019 dijelaskan bahwa pendaftaran gelombang pertama dimulai tanggal 15 sampai 24 April 2018. Pendaftaran dapat dilakukan secara online di website www.spmb.instika.ac.id atau datang langsung ke kampus INSTIKA.

INSTIKA memiliki 5 Fakultas dengan 11 Program Studi dengan rincian sebagai berikut: (1) Fakultas Syari’ah mempunyai 2 prodi (1, Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES). 2, Hukum Keluarga Islam (HKI).

(2) Fakultas Tarbiyah memiliki 4 prodi (1, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). 2, Pendidikan Bahasa Arab (PBA). 3, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). 4 Program Khusus (Prodi PAI dan PIAUD)).

(3) Fakultas Ushuluddin mempunyai 2 prodi (1, Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT). 2, Tasawuf dan Psikoterapi (TP).

(4) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mempunyai 2 prodi (1, Prodi Ekonomi Syari’ah (ES). 2, Perbankan Syari’ah (PS)).

(5) Program Pascasarjana (S2) dengan 1 prodi yakni Pendidikan Agama Islam (PAI).

Penulis: Saiful Fawait

Editor: Masykur Arif