PUSKAFA, LFA, DAN LF PWNU JATIM GELAR SEMINAR FALAKIYAH

INSTIKA Kamis, 29 Maret 2018 09:17 WIB
125x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Pusat Kajian Falakiyah (PUSKAFA) Fakultas Syariah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep dan Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Annuqayah (LFA) bekerjasama dengan Lajnah Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (LF PWNU) Jawa Timur mengadakan Seminar Falakiyah dengan tema Ikhtiyatul Qiblat Perspektif Fiqih dan Astronomi di Aula Mini Instika, Rabu (28/3/2018).

Berdasar penjelasan Ketua PUSKAFA Ahmad Madani, acara ini mempunyai tujuan, pertama, memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai arah kiblat yang sebenarnya. Kedua, memberikan pemahaman mengenai toleransi batas maksimal arah kiblat yang dibolehkan.

Narasumber yang hadir pada acara ini adalah Ketua LF PWNU Jatim Dr KH Syofiullah ST M Si. Menurut Madani, narasumber menjelaskan tentang tatacara dan alat untuk mengukur arah kiblat beserta batas maksimal arah kiblat yang mendapat toleransi.

“Kata Dr KH Syofiullah, batas toleransi kesalahan tidak menghadap kiblat maksimal 4° dari arah kiblat itu sendiri,” ujar Madani saat dihubungi melalui telepon.

Acara yang dimulai sekitar pukul 10:30 WIB ini dihadiri oleh mahasiswa INSTIKA, mahasiswa UIM Pamekasan, STAIN Pamekasan, Badan Hisab Rukyat (BHR) Pamekasan, santri Annuqayah, LF PCNU Sumenep, Takmir Masjid Jamik Sumenep, dan masyarakat pada umumnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)