Posko I KKN MADEX Adakan Teknik Membaca Al-Qur’an Dengan Tajwid

LP2M Selasa, 3 April 2018 13:51 WIB
245x ditampilkan Berita

PRAGAAN- Mengaji Al-Qur'an merupakan suatu keniscayaan bagi seorang muslim dalam memahami kalam ilahi. Al-Qur'an tidak hanya penting dibaca dengan suara merdu nan indah, akan tetapi juga menggunakan teknik tajwid sehingga bacaannya menjadi baik dan benar.

Untuk itu, Posko I KKN MADEX (Madin dan Extention) Fakultas Tarbiyah Tahun 2018 melaksanakan kegiatan “Teknik Mengaji Al-Qur’an dengan Tajwid”. Kegiatan ini dimulai pada pada tanggal 26 Maret 2018 yang bertempat di Musala Nurul Huda, Desa Karduluk. Sebanyak 18 santri mengikuti kegiatan ini dan disambut baik oleh masyarakat atas terlaksana kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak. Kegiatan yang dilaksanakan setelah salat Isya', jam 19.00-19.45 WIB. ini memberi warna baru kepada santri. Bahkan tidak jarang pengajaran ini disebarluaskan melalui loudspeaker Musala.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para santri agar lebih fasih dalam membaca al-Qur’an dan sesuai dengan teknik pembacaan dengan menggunakan tajwid. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membumikan al-Qur’an di tengah-tengah kehidupan masyarakat, khususnya bagi anak-anak yang membutuhkan bimbingan khusus dalam membaca al-Qur’an dengan cara yang baik.

Kegiatan ini juga menjadi permintaan khusus dari pengasuh Musala agar melaksanakan kegiatan yang bermanfaat langsung bagi para santri di sekitar desa Karduluk. "Saya, pasti minta duluan, jika mahasiswa KKN itu dari Annuqayah. Karena aura positif itu sangat tampak, cukup mendengar saja bahwa ada mahasiswa Annuqayah sedang KKN di sini, pasti saya tidak sabar didatangi dan melaksanakan programnya di tempat saya." ungkap salah satu pengasuh dengan wajah berseri-seri, saat kami melakukan observasi pada hari kedua.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para santri memperoleh bekal dalam membaca al-Qur’an dengan teknik tajwid dan tilawah agar bacaan yang dilantunkan sesuai dengan makhorijul huruf dan yang mendengarkan dapat menikmati keindahan bacaan al-Qur’an (Moh. Khalil/Posko I/Karduluk).