KEPALA DINAS PENDIDIKAN SUMENEP BUKA KEGIATAN FCB X NASIONAL BEM INSTIKA

INSTIKA Senin, 9 April 2018 14:25 WIB
194x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA – Festival Cinta Buku (FCB) X Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Drs H A Shadik M.si, Sabtu (07/04/2018) di Auditorium As-Syarqawi INSTIKA.

Drs H A Shadik Msi sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan FCB X Nasional. Menurutnya, kegiatan ini sedikit-banyak akan memotivasi atau merangsang semangat membaca santri dan mahasiswa.

“Terima kasih, saya sangat mengapresiasi atas diadakannya acara ini. Semoga acara ini akan mengangkat motivasi mahasiswa dan santri untuk lebih gemar membaca. Dan semoga alumni Instika menjadi generasi emas dan siap berkompetisi,” katanya dalam sambutan pembukaan acara FCB X Nasional.

Sementara, Wakil Rektor I mewakili Rektor INSTIKA dalam sambutannya menjelaskan bahwa peserta didik, khususnya mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dan kegemaran dalam hal membaca, tetapi mereka juga harus benar-benar mempunyai kemampuan untuk memilih bahan-bahan bacaan yang bermutu.

“Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan membaca, tetapi tidak cukup hanya dengan kemampuan membaca jika tidak diikuti dengan kemampuan memilih bahan bacaan. Banyak masyarakat Indonesia yang jiwanya sakit karena bacaan yang berat,” ungkapnya.

Acara pembukaan ini dilanjutkan dengan seminar nasional. Ketua Lesbumi PBNU serta Sastrawan dan Budayawan Nasional KH Agus Sunyoto hadir sebagai penyaji. Seminar ini dimoderatori oleh pengasuh muda Pondok Pesantren Annuqayah KH Muhammad Shalahuddin A Warits M Hum.

Dalam seminar ini, para peserta diberi kesempatan oleh panitia untuk mendapatkan buku secara gratis, dengan syarat menyetor review terkait materi yang telah mereka ikuti. “Di seminar pertama ini ada beberapa santri dan mahasiswa yang mendapat buku secara cuma-cuma. Dan Tabur Buku ini tidak hanya di seminar pertama ini, akan tetapi akan terus berlanjut,” jelas ketua panitia FCB A Walid Huzairi.

Acara pembukaan sekaligus seminar bertema ‘Membaca sebagai Budaya Santri’ itu dihadiri oleh 522 peserta, yang terdiri dari santri Pondok Pesantren Annuqayah, Mahasiswa Instika, Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep, Mahasiswa Unija Sumenep, dan Mahasiswa STAIN Pamekasan.

Tampak hadir Wakil Rektor I INSTIKA Dr Ach Maimun M Ag, Wakil Rektor III Drs H A Washil M Pd I, pengasuh PP Annuqayah di antaranya K M Faizi, K M Affan, serta hadir juga Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Sumenep KH A Pandji Taufiq.

Kontributor : Ainur Rifqi dan Saiful Fawait

Editor: Masykur Arif