PRODI IQT ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL BERSAMA AHMAD SAHIDAH

USHULUDDIN Senin, 23 April 2018 10:08 WIB
242x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengadakan Seminar Internasional dengan tema Gagasan Izutsu tentang Kitab Suci melalui Pendekatan Semantik di Ruang Pertemuan INSTIKA, Ahad (21/4/2018).

Dalam seminar ini, dosen Universitas Utara Malaysia Ahmad Sahidah PhD hadir sebagai pemateri. Dan, Ketua Jurusan IQT Dr Fathurrosyid MThI sebagai moderator.

Dekan Fakultas Ushuluddin M Mushthafa MA dalam sambutannya menyampaikan, seminar ini merupakan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa di samping kuliah di kelas. “Kegiatan ini sangat penting kita dukung untuk memperkaya pengetahuan mehahasiswa mengenai perkembangan pengetahuan,” jelasnya.

Dekan yang pernah belajar di Belanda ini mengucapkan terima kasih kepada Ahmad Sahidah yang sudah bersedia mengisi seminar di INSTIKA. “Kami mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam menyambut kehadiran Bapak Ahmad Sahidah,” tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Sahidah dalam pemaparannya menyampaikan bahwa untuk memahami Al-Qur’an melalui pendekatan semantik yang ditawarkan Toshihiko Izutsu adalah dengan memahami tema-tema penting dalam al-Qur’an, kemudian menemukan makna dasar dari kata-kata kunci yang digunakan, lalu mencari makna relasional yakni makna suatu kata ketika disandingkan dengan kata lain.

“Yang lebih penting lagi untuk memahami Al-Qur’an yang ditawarkan Izutsu adalah menemukan weltanschauung (pandangan dunia) dari suatu teks,” terang Sahidah. Dengan menemukan weltanschauung pada konteks teks itu dilahirkan, lanjutnya, maka makna sebenarnya dari suatu teks dapat ditemukan.

Seminar yang dimulai sekitar pukul 14:00 WIB itu diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada penyaji dan foto bersama.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)