PROFIL PRODI ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR

USHULUDDIN Rabu, 30 Mei 2018 14:18 WIB
34x ditampilkan

VISI :

Menjadi Pusat Pengembangan Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi dengan memadukan berbagai disiplin keilmuan berdasarkan nilai-nilai Ahlus Sunnah wal Jama’ah pada tahun 2021.

 

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk memperkaya wawasan dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi secara integratif dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
  2. Mengembangkan tradisi literasi yang kritis-inovatif dalam penelitian bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi secara integratif dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
  3. Melaksanakan kegiatan partisipatif di masyarakat untuk menyelesaikan problem-problem sosial berdasarkan disiplin Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi
  4. Mengembangkan jaringan dengan institusi yang berorientasi pada disiplin Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir pada level lokal, nasional, regional dan internasional.

 

TUJUAN:

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran untuk memperkaya wawasan dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi secara integratif dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
  2. Terwujudnya tradisi literasi yang kritis-inovatif dalam penelitian bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi secara integratif dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora.
  3. Terlaksananya kegiatan partisipatif di masyarakat untuk menyelesaikan problem-problem sosial berdasarkan disiplin Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi
  4. Terlaksananya pengembangan jaringan dengan institusi yang berorientasi pada disiplin Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir pada level lokal, nasional, regional dan internasional.

 

 

DESKRIPSI SINGKAT PRODI:

Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsri (IQT) merupakan salah-satu program studi di Fakultas Ushuluddin INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep yang berupaya melaksanakan pengembangan dalam bidang studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi dengan cara mengintegrasikan berbagai disiplin keilmuan berdasarkan nilai-nilai Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Pengembangan integrasi tersebut dilakukan dengan cara  menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan tradisi literasi yang kritis-inovatif dalam penelitian bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi secara integratif dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Selain itu, juga dilakukan berbagai kegiatan yang partisipatif di masyarakat untuk menyelesaikan problem-problem sosial berdasarkan disiplin Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Maqashidi

 

KOMPETENSI PRODI:

  1. Kompetensi Utama
  1. Memiliki keahlian memahami, menerjemahkan dan menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an berdasarkan tafsir Maqashidi;
  2. Memiliki keahlian dalam berbagai macam metodologi dan penelitian di bidang Ilmu Al-Qur’an dan tafsir baik teoritik maupun praktik;
  3. Mampu menghasilkan produk penelitian berbasis Al-Qur’an dan tafsiryang berkualitas dan berguna bagi masyarakat;
  4. Mampu menyuguhkan literatur-literatur yang dibutuhkan masyarakat dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan tafsir;
  5. Mampu mensinergikan antara keilmuan Al-Qur’an dan tafsir dengan pengetahuan umum dan teknologi;
  6. Mampu merespon isu-isu kontemporer yang berkembang di masyarakat dalam perspektif Al-Qur’an dan tafsir;
  7. Memiliki keahlian dalam mengintegrasikan ilmu-ilmu baru dalam kajian Al-Qur’an dan tafsir;
  8. Mampu merespon wacana dan persoalan baru yang terjadi di masyarakat dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan tafsir;
  1. Kompetensi Pendukung
  1. Memiliki kemampuan baca kitab, terutama kitab dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir;
  2. Memiliki kemampuan penelitian pustaka dan sosial budaya;
  3. Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu kontemporer;
  4. Memiliki pengetahuan tentang isu-isu kontemporer;
  5. Memiliki keahlian dalam memahami dan menganalisis sejarah perkembangan keilmuan yang terkait dengan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir;
  6. Memiliki keahlian dalam mengaji dan mengkaji kitab-kitab tafsir era klasik, pertengahan dan modern-kotemporer;
  1. Komptensi Lainnya
  1. Memiliki keahlian menjadi penyuluh dalam di bidang Ilmu Al-Qur’an dan tafsir;
  2. Memiliki keahlian menjadi ahli Qiro’ah Sab’ah dalam di bidang Ilmu Al-Qur’an dan tafsir;
  3. Memiliki keahlian menjadi praktisi sosial di bidang Ilmu Al-Qur’an dan tafsir

 

 

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUT COMES) :

  1. Capain Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
    11. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;
    12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya
    13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
    14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas;
    15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.
    16. Menunjukkan etos kerja,  tanggung jawab, rasa bangga dan cinta serta penuh percaya diri sebagai praktisi bidang al-qur’an dan tafsir.
    17. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang praktisi al-qur’an dan tafsir secara mandiri.
    18. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dalam bidang al-qur’an dan tafsir

 

  1. Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan
  1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)
  3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
  6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
  7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
  8. Menguasai pengetahuan tentang ilmu al-qur’an dan tafsir untuk membaca dan memahami tafsir al-qur’an secara baik dan tepat
  9. Menguasai pengetahuan tentang metodologi tafsir dan beragam aliran dan tafsir
  10. Menguasai pengetahuan tentang sejarah al-qur’an dan tafsir serta perkembangan tafsir di nusantara
  11. Menguasai ilmu alat untuk membaca dan memahami tafsir al-qur’an secara baik dan tepat sesuai dengan gramatikal
  12. Menguasai konstruksi Tafsir Maqashidi dan mengaplikasikannya dalam konteks kehidupan di masyarakat
  13. Menguasai pengetahuan retorika dakwah untuk disampaikan kepada masyarakat yang multikultural
  14. Menguasai pengetahuan ilmu kependidikan sebagai praktisi sosial dan tenaga edukatif.   

 

  1. Capain Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi
  10. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan  keilmuan  dan kemampuan kerja;
  11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  12. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar
  13. Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
  14. Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.

 

  1. Capaian Pemebelajaran Bidang Keterampilan Khusus
    1. Mampu mendesain dan mengembangkan syi’ar dan kandungan al-Quran dan tafsirnya berbasis teknologi informasi dan komunikasi
    2. Mampu mendesain dan membuat ayat al-qur’an dan tafsirnya dalam bentuk digital sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi
    3. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at secara baik
    4. Mampu menerjemahkan al-Quran berdasarkan kaidah gramatikal dan kaidah penterjemahan
    5. Mampu menghafal sebagian atau seluruh al-Qur’an
    6. Mampu  membaca kitab tafsir berasal dari sumber aslinya dengan baik dan benar
    7. Mampu mengkontekstualisasikan makna kandungan al-qur’an dan tafsirnya sejalan dengan dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    8. Mampu menyebarluaskan al-qur’an dan tafsirnya kepada masyarakat secara baik dan benar dalam rangka syi’ar agama.