SERAH-TERIMA PESERTA KKN INSTIKA 2018 DI BATANG-BATANG

INSTIKA Senin, 9 Juli 2018 15:11 WIB
118x ditampilkan Berita

Batang-Batang – INSTIKA – Hari ini (9/7/2018) tepatnya pukul 09:43 WIB, dilaksanakan acara serah-terima peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Riset Partisipatif 2018 Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep di kantor Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep.

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan INSTIKA, yakni Wakil Rektor I Dr Ach Maimun MAg, Camat Batang-Batang yang diwakili Masduri, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Batang-Batang, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan peserta KKN INSTIKA di Kecamatan Batang-Batang.

Dalam sambutannya, Dr Maimun mewakili Rektor INSTIKA menyampaikan bahwa seluruh desa di  Kecamatan Batang-Batang menerima akan kedatangan peserta KKN. “Peserta KKN di Kecamatan Batang-Batang berjumlah 191 mahasiswa dan tiap-tiap desa terdiri dari 1 posko dengan jumlah peserta 12 orang perposko,” katanya.

Wakil Rektor I tersebut melanjutkan bahwa KKN ini merupakan kuliah yang bangkunya kampung dan dosen-dosennya adalah masyarakat. Pada hakikatnya, lanjutnya, mahasiswa diharapkan dapat mengabdikan diri kepada masyarakat dalam rangka menyalurkan ilmunya yang diperoleh di perguruan tinggi. Selain itu, katanya, peserta KKN ditugaskan untuk belajar hidup di tengah-tengah masyarakat dan belajar berbagai persoalan yang ada di masyarakat serta mencari solusinya.

Dalam persoalan hidup di tengah masyarakat kaitannya dengan moral, Dr Maimun berpesan supaya peserta KKN menyadari bahwa selain sebagai seorang mahasiswa  juga dirinya adalah seorang santri. “Yang jelas sudah tahu bagaimana tanggungjawab santri dalam menjaga nama baik pesantren, karena itu lebih penting daripada nama baik Anda sendiri,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Wakil Rektor I ini menyerahkan sepenuhnya peserta KKN kepada Bapak Camat Kecamatan Batang-Batang.

Atas nama Camat, Masduri dalam sambutannya menjelaskan panjang lebar tentang desa Batang-Batang. Ia menaruh beberapa harapan kepada peserta KKN INSTIKA. Pertama, mahasiswa diharap untuk menjaga nama baik pondok pesantren dan nama baik keluarga. Kedua,  mahasiswa diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran atau penyadaran kepada masyarakat supaya masyarakat yang ada di Kecamatan Batang-Batang ini lebih harmonis. Ketiga, adanya beberapa lembaga pendidikan di Batang-Batang, diharapkan kepada peserta KKN dapat membantu lembaga-lembaga tersebut.

Selain itu, ditambahkannya peserta KKN diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan sampai di perguruan tinggi. Pasalnya, katanya, di kecamatan Batang-Batang mayoritas pendidikan terakhir penduduknya adalah lulusan SMA.

Setelah sambutan dan serah-terima antara Pimpinan INSTIKA dengan Camat Batang-Batang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan DPL dengam kepala-kepala desa di seluruh Kecamatan Batang-Batang.

Acara seremonial serah-terima ini diakhiri dengan doa yang dipimpin dosen INSTIKA Moh Jazuli MHI.

Penulis: Maskiyatun (Mahasiswa PAI, Peserta KKN Posko XXXIII Desa Totosan)

Editor: Masykur Arif