SEMANGAT MEMPEROLEH NILAI AKREDITASI TERBAIK, SEHARIAN FULL PRODI IQT LAYANI ASESMEN LAPANGAN TIM ASESOR BAN-PT

USHULUDDIN Sabtu, 1 September 2018 16:05 WIB
308x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menerima Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang akan melaksanakan Asesmen Lapangan Program Studi S1 IQT di Ruang Pertemuan INSTIKA, Jumat (31/8/2018).

Tim Asesor itu adalah, (1) Dr Atiyatul Ulya MA (dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), (2) Dr Inayah Rohmaniyah S Ag, M Hum, MA, (dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Kepada asesor, Rektor INSTIKA, Drs H Abbadi Ishomuddin MA, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang ke Pondok Pesantren Annuqayah, khususnya ke INSTIKA. “Perguruan Tinggi kami ini berada di bawah naungan Pondok Pesantren Annuqayah,” katanya.

Rektor mengabarkan bahwa INSTIKA terus berupaya mengembangkan diri menjadi perguruan tinggi ideal. “Alhamdulillah, perkembangan INSTIKA sangat baik, mulai dari pengembangan prodi yang sudah ada sampai dengan pembukaan prodi-prodi baru,” ujarnya. Dalam menyelenggarakan pendidikan putra dan putri dipisah. “Karena di sini adalah pesantren, sesuai dengan keinginan Masyaikh Annuqayah, maka dalam menyelenggarakan pendidikan, putra dan putri kami pisah,” terangnya.

Rektor mengharapkan, Asesmen Lapangan ini berjalan dengan lancar dan membawa kebaikan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas prodi IQT. “Mudah-mudahan mendapat nilai yang baik sebagaimana yang kita harapkan bersama,” katanya.

Sementara itu, Dr Atiyatul Ulya menyampaikan bahwa dirinya mendapat kesempatan kedua kalinya hadir ke INTIKA pada acara yang sama. “Kami berharap ada perubahan dan perkembangan yang signifikan pada perguruan tinggi ini,” ujarnya. Ia menginginkan proses Asesmen Lapangan untuk mengecek laporan-laporan yang dikirimkan dalam bentuk borang berjalan dengan lancar. “Nilai akreditasi yang baik itu bukan diperoleh dari hasil kerja kami saja, melainkan hasil kerja sama kita,” jelas Dr Atiyatul Ulya. Ia juga berharap seluruh data yang dilaporkan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Pada acara penutupan, M. Mushthafa MA, Dekan Fakultas Ushuluddin, menyampaikan terima kasih kepada Asesor yang sambil memberikan bimbingan selama Asesmen Lapangan. “Apa pun hasilnya, semoga menjadi pelajaran bagi prodi IQT khususnya, dan prodi-prodi yang lain pada umumnya, sehingga menjadi semakin baik ke depan,” katanya.

Setelah Asesmen Lapangan, Dr Fathurrosyid MThI, Kaprodi IQT, menjelaskan bahwa dirinya bersama Tim Penulis Borang IQT sudah menyiapkan segala kebutuhan akreditasi dengan maksimal. “Kami seharian full melayani Tim Asesor yang penuh energik mengecek bukti-bukti fisik borang yang kami kumpulkan. Mulai sekitar pukul 8:00 pagi sampai sekitar pukul 8:00 malam. Mudah-mudahan apa yang kami upayakan selama ini, berkenaan dengan proses reakreditasi ini, membuahkan hasil yang memuaskan. Mohon doanya,” katanya.

Hadir dalam acara ini, Kaprodi dan Sekprodi seluruh prodi di INSTIKA, Kepala LPMP, BAU, BAAK, LP2M, LP2D, karyawan perpustakaan, para dosen dan beberapa mahasiswa IQT.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)