SENANGNYA IKUT SHORT COURSE METODOLOGI PENELITIAN BERSTANDAR INTERNASIONAL

INSTIKA Sabtu, 29 September 2018 13:16 WIB
157x ditampilkan Berita

Belanda - INSTIKA - Atikatul Himmah, dosen Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, beserta delapan orang lainnya dari berbagai perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dan swasta di Indonesia, mengikuti Short Course Metodologi Penelitian Berstandar Internasional di Belanda.  Short Course yang diadakan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Leiden University Center for the Study of Islam and Society (LUCIS) Belanda ini, dimulai pada tanggal 20 Agustus 2018 sampai 20 September 2018.

“Kami terpilih untuk mengikuti Short Course ini setelah kami mengirimkan proposal penelitian berstandar internasional berbahasa Inggris ke Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan kemudian lolos seleksi,” kata Atikatul Himmah. Kemenag melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberikan dana bantuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khusus dosen PTKI tahun anggaran 2018. “Hibah dana bantuan ini, dengan syarat-syarat yang ditentukan, tidak kami sia-siakan,” lanjut Atikatul Himmah.

Di Leiden University, peserta Short Course mendapat materi bahasa Inggris (academic english), belajar menulis dengan bahasa Inggris yang baik dan benar (academic writing), serta menyampaikan gagasan (individual tutorial). “Kami sangat bahagia dan senang sekali dapat mengikuti Short Course ini, karena di sana kami dapat belajar bahasa Inggris dari orang-orang yang sangat berkompeten dalam bahasa Inggris. Kami juga diajari menulis penelitian berbahasa Inggris berstandar internasional” ujar perempuan yang lahir 1983 di Sumenep ini.

Selain belajar, di sela-sela padatnya tugas Short Course, mereka menyempatkan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Belanda dan mengunjungi negara-negara yang dekat dengan Belanda. “Kami senang, selain bisa ke Belanda, kami juga bisa berkunjung ke Perancis,” sambung Atika. “Jika tahun depan, masih ada kesempatan untuk mengikuti Short Course internasional, insyaallah saya akan daftar lagi,” lanjutnya.

Tujuan Short Course Berstandar Internasional ini, tambahnya, adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan penelitian tingkat internasional (international research) berbahasa Inggris. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan kemampuan dosen PTKI dalam melakukan riset internasional semakin bertambah.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)