TINGKATKAN KEMAMPUAN RISET DOSEN, LP2M INSTIKA ADAKAN WORKSHOP METODOLOGI PENELITIAN

LP2M Jumat, 19 Oktober 2018 06:40 WIB
83x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengadakan Workshop Metodologi Penelitian bersama Drs. Agus Afandi, M.Fil.I. dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis (18/10/2018), di Ruang Pertemuan INSTIKA.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan etos meneliti para akademisi di INSTIKA khususnya dan akademisi Annuqayah pada umumnya,” ujar Kepala LP2M K.H. Moh. Naqib, S.Sos., M.Pd.I., dalam sambutannya. Lebih jauh diharapkan, setelah mengikuti kegiatan ini akan lahir hasil-hasil penelitian, baik yang bersifat teoritis maupun praktis, yang berguna bagi kemajuan Pondok Pesantren Annuqayah.

Tidak jauh berbeda dengan yang disampaikan Kepala LP2M, Wakil Rektor 1, Dr. H. Ach. Maimun, M.Ag., menyampaikan dalam sambutannya bahwa dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat meneliti para dosen dan menghasilkan karya, baik berupa hasil penelitian, artikel di jurnal, buku, dan lain sebagainya. “Kalau kemampuan meneliti para dosen saya yakin sudah ada, tapi tinggal menumbuhkan semangat untuk melakukan penelitian. Ini yang perlu didorong,” jelasnya. Wakil Rektor 1 juga mengingatkan bahwa tugas dosen tidak hanya mengajar, melainkan juga melakukan penelitian. “Inilah yang membedakan dosen dengan guru-guru yang lain,” tandasnya.

Workshop Metodologi Penelitian bertema “Meningkatkan Kemampuan Dosen di Bidang Riset yang Kreatif, Inovatif, dan Kompetitif,” yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 ini berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama diisi dengan Brainstorming Tema –tema Penelitian LP2M dengan fokus penelitian Ponpes Annuqayah. Pada sesi ini pemateri yang dihadirkan adalah K. M. Faizi, M.Hum., dan K. M. Zamiel el-Muttaqien.

Sesi kedua diisi dengan dua materi. Pertama, Pengenalan Konsep dan Aplikasi Metodologi Penelitian. Kedua, Strategi Penyusunan Proposal Penelitian. Untuk dua materi ini, LP2M menghadirkan pemateri tunggal, yakni Drs. Agus Afandi, M.Fil.I.

Sesi demi sesi acara berjalan dengan baik dan lancar. “Terima kasih kepada Bapak/Ibu dosen yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini,” kata Sekretaris LP2M, Paisun, M.Pd. melalui grup media sosial dosen. Usai kegiatan ini, ia mengharapkan dosen dapat berpartisipasi dalam Penelitian Kompepetitif Dosen INSTIKA tahun 2018.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)