PRODI TP INSTIKA HADIRI KONSORSIUM NASIONAL PRODI TP

USHULUDDIN Sabtu, 3 November 2018 22:25 WIB
36x ditampilkan Berita

Surabaya - INSTIKA - Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menghadiri Konsorsium Nasional Prodi TP di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Acara yang bertujuan menyamakan persepsi prodi TP ini dihadiri oleh seluruh prodi TP PTKI se-Indonesia. Dari INSTIKA, Kaprodi TP Mahmudi, M.Fil.I., dan Sekprodi TP Nuzulul Khair, M.A., menghadiri langsung acara itu. “Kegiatan ini berlangsung mulai dari  Selasa (30/10/2018) sampai Kamis (1/11/2018),” kata Mahmudi.

Menurut Nuzulul Khair, acara konsorsium itu menghasilkan beberapa hal, di antaranya membentuk Tim perumus kurikulum KKNI prodi TP untuk menyusun kembali kurikulum KKNI prodi TP yang ada di Diktis. Dari Tim ini diharapkan akan lahir kurikulum yang sesuai dengan capaian pembelajaran dan profil lulusan prodi TP. “Sebab, peserta konsorsium menilai, kurikulum dari Diktis belum sesuai dengan yang diharapkan prodi TP,” sela Mahmudi.

“Selain membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan prodi TP, di sana  kami juga mempelajari beberapa terapi sufistik dan mempelajari konsep serta pengembangan laboratorium TP,” ujar Nuzul. Apa yang dipelajari ini, lanjutnya, merupakan bagian dari soft skill mahasiswa.

Acara semacam ini akan terus dilakukan pada tahun-tahun mendatang dan di tempat yang berbeda. “Tujuannya adalah melangsungkan pembicaraan yang belum selesai pada konsorsium sebelumnya dan membicarakan hal-hal baru berkaitan dengan pengembangan secara keseluruhan prodi TP,” tambah Nuzul.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)