MAHASISWA INSTIKA RAIH JUARA UMUM FJA NASIONAL 2018

INSTIKA Ahad, 11 November 2018 03:45 WIB
166x ditampilkan Berita

Malang - INSTIKA – Mahasiswa Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk, Sumenep, meraih juara umum pada event Festival Jazirah Arab (FJA) 2018 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang (5-10/11/2018).

Sebagaimana disampaikan oleh Dr. Halimi Zuhdi, selaku Kaprodi BSA UIN Malang, Lomba FJA 2018 ini diikuti oleh sekitar 40 Perguruan Tinggi dari instansi yang berbeda-beda di seluruh Indonesia bahkan Asia, seperti Universitas Sains Islam Malaysia (USIM).

Lomba yang berlangsung selama 6 hari ini terbagi dalam dua kategori, yakni kategori mahasiswa dan kategori umum.

Untuk kategori mahasiswa, Siti Zakia Aji dan Faiqatul Khairiyah dari INSTIKA, dinobatkan sebagai Juara 1 dan 2 Lomba Baca Puisi. Dan untuk kategori umum, namun masih bagian dari mahasiswa INSTIKA, Abd. Syakur menyandang Juara 2 Lomba Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK) dan Husnul Chotimah sebagai Juara 2 Lomba Pidato Bahasa Arab. Dengan keempat juara tersebut, maka INSTIKA dinobatkan sebagai Juara Umum pada Festival Jazirah Arab 2018.

Pada event kali ini, INSTIKA sebagaimana pernyataan Achmad Fudhaili sebagai official lomba, memang hanya mendelegasikan 5 mahasiswa. "Walaupun sedikit, kami latih kelima mahasiswa tersebut semaksimal mungkin sampai kami nilai mereka siap untuk bertanding di Kejuaraan Nasional, dan alhasil, alhamdulillah INSTIKA mengantongi piala kejuaraan paling banyak dan dinobatkan sebagai Juara Umum". Terangnya. "Kelima mahasiswa tersebut semuanya dari prodi PBA, yang sengaja dipersiapkan oleh prodi untuk mengikuti kejuaraan nasional", lanjutnya.

"Alhamdulillah, di pengalaman pertama ini, untuk pertama kalinya, saya ditetapkan sebagai juara 2 pada lomba tingkat nasional", kata Faiqatul Khairiyah, mahasiswa semester 1 prodi PBA. "Hal ini berkat doa dan dukungan dari para masyaikh dan guru di Pondok Pesantren Annuqayah serta dosen INSTIKA ," imbuhnya.

Berbeda dari Faiq, bagi Siti Zakia Aji yang merupakan mahasiswa PBA semester VII, ini merupakan pengalaman untuk kedua kalinya dia meraih juara 1 di lomba tingkat nasional. "Saya pun tidak menyangka bahwa kami yang hanya berlima bisa membawa nama INSTIKA sebagai Juara Umum,” katanya. Dia berharap peraihan juara ini dapat menginspirasi adik-adik kelasnya di INSTIKA. “Semoga apa yang kita raih seperti sekarang ini dan sebelum-sebelumnya terus bertahan dan diperjuangkan oleh adik-adik kelas saya," tambah Zakia saat diwawancarai.

Penulis: Saiful Fawait (Mahasiswa prodi Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin INSTIKA)

Editor: Masykur Arif (LP2D)