SATUAN PENDIDIKAN ANNUQAYAH IKUTI DIKLAT PENGELOLAAN KEUANGAN

FEBI Senin, 31 Desember 2018 15:55 WIB
396x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Sabtu-Ahad (29-30/12/2018), di Ruang Pertemuan mengadakan Diklat Pengelolaan Keuangan Organisasi dengan tema: Membangun Good Governance melalui Pengelolaan Keuangan yang Profesional, Proporsional, Terbuka, dan Bertanggung Jawab.

Peserta kegiatan ini adalah para kepala sekolah dan bendahara atau bagian keuangan mulai tingkat Madrasah Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi pada satuan pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Adapun penyajinya adalah Dr. Puji Handayani, SE., MM., Ak., dan Dr. Sulis Rochayatun, SE., M. Akun., Ak.

Acara yang bertujuan memberikan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan yang baik ini, dikemas dengan penyampaian teori dan praktik serta FGD (Focus Group Discussion). Pada Sabtu (29/12/2018), sesi pertama diisi oleh Dr. Puji Handayani. Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Timur Komda Malang Raya ini, menyampaikan tentang pengelolaan keuangan secara umum. Sedangkan pada sesi kedua diisi oleh Dr. Sulis Rochayatun. Asisten Dr. Puji ini menjelaskan tentang penyusunan laporan keuangan sederhana.

Pada Ahad (30/12/2018) acara dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari perwakilan bagian keuangan satuan pendidikan Annuqayah. Masing-masing peserta dalam kelompok ini diminta untuk membawa contoh laporan keuangan yang ada untuk dikoreksi. Dr. Sulis yang mendampingi mengoreksi laporan keuangan yang disetorkan, apakah sudah baik atau perlu perbaikan.

Sementara itu, kelompok kedua yang terdiri dari stakeholder Annuqayah melakukan FGD bersama Dr. Puji di Ruang Rektorat INSTIKA. FGD ini bertujuan untuk membangun sinergi dan pandangan yang padu antar stakeholder mengenai sistem pelaporan keuangan di lingkungan Annuqayah. Hadir dalam FGD ini, Ketua dan Bendahara Yayasan, Ketua dan Bendahara Pesantren, Ketua Biro Madaris, Rektor dan Wakil Rektor INSTIKA, dan pimpinan Institut Sains  dan Teknologi (IST) Annuqayah.

Diklat pengelolaan keuangan ini mendapat sambutan baik dari Yayasan dan Pengurus Pesantren Annuqayah. WR I INSTIKA, Dr. H. Ach. Maimun, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa sitem pengelolaan keuangan yang baik sangat penting diketahui oleh lembaga-lembaga pendidikan. Menurutnya, pengelolaan keuangan dengan baik merupakan suatu bentuk syukur lembaga yang memiliki dana besar.

Pihak pesantren mengharapkan pelatihan keuangan ini dapat menjadi pengetahuan dan acuan atau pedoman dalam penyusunan laporan keuangan di lingkungan Annuqayah. K. Ainul Yaqin, Ketua Yayasan, dalam sambutannya menginginkan hasil pelatihan dapat digunakan dengan baik. Bahkan, K. Moh. Naqib, Ketua Pengurus Pesantren, mengharapkan hasil pelatihan ini dapat dibakukan dan diseragamkan untuk kemudian dijalankan dengan sebaik mungkin.

Menurut Dekan Febi, Ahmad Majdi Tsabit, S.EI., MM., saat ditemui di kantornya, pesantren merencanakan untuk menindaklanjuti kegiatan ini dengan mengadakan pelatihan pengelolaan aset serta praktik penyusunan laporan keuangan yang baku. “Rencana ini akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan,” katanya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)