DOSEN INSTIKA, FATHOR RACHMAN SUKSES IKUTI UJIAN PROMOSI DOKTOR

INSTIKA Jumat, 15 Februari 2019 05:42 WIB
197x ditampilkan Berita

Malang – INSTIKA – Fathor Rachman, M.Pd., dosen tetap Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor bidang Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kamis (14/2/2019).

Disertasi yang diujikan itu berjudul, ‘Modernisasi Pengembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Perspektif Prof. Dr. KH. Muhammad Tholhah Hasan.’ Dalam disertasi ini, Fathor Rachman berusaha mengelaborasi titik-titik kelemahan kualitas pengelolaan pendidikan keagamaan Islam. Menurutnya, sedikitnya ada dua faktor yang menyebabkan buruknya pengelolaan pendidikan Islam, yaitu faktor manajerial dan leadership. Melalui pemikiran KH. Muhammad Tholhah Hasan, ia mendedahkan solusi pengelolaan pendidikan Islam yang unggul dan berdaya saing, mulai dari konsep, landasan, model, pola kepemimpinan, hingga cara-cara pengembangan pengelolaan yang sesuai dengan era modern.

Adapun penguji disertasi itu adalah; 1. Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I. (Penguji Utama); Dr. H. M. Samsul Hady, M.Ag. (Penguji); Dr. H. Wahidmurni, M.Pd., Ak (Penguji); Prof. Dr. H. Abd. Haris, M.Ag. (Ketua/Penguji); Prof. Dr. H. Imam Suprayogo (Promotor/Penguji). Diberitahukan oleh ketua sidang, masih ada dua penguji lagi namun berhalangan hadir.

Suksesnya Fathor Rachman dalam mempertahankan disertasinya pada Ujian Terbuka tersebut telah menjadikannya sebagai insan akademik yang meraih gelar doktor di bidang manajemen pendidikan Islam. Karena itu, di tempatnya mengabdi, yakni INSTIKA, ia telah tercatat sebagai doktor ke-8 dari beberapa doktor yang menjadi dosen tetap di INSTIKA.

Pimpinan dan seluruh civitas akademika INSTIKA mengucapkan selamat dan sukses kepada Fathor Rachman, M.Pd., atas keberhasilannya meraih gelar doktor dari UIN Maliki Malang. “Semoga membawa barokah kepada kita semua, dan semoga menginspirasi dan segera disusul oleh dosen-dosen lain yang sedang menempuh program doktor,” ungkap rektor Drs. KH. Abbadi Ishomuddin, MA.

Hadir dalam promosi doktor ini, Wakil Rektor I INSTIKA Dr. H. Ach. Maimun, M.Ag., Wakil Rektor III Drs. H. A. Washil, M.Pd.I., dan beberapa dosen serta karyawan INSTIKA.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)