WAKIL REKTOR I: MASYAIKH MINTA DOSEN MEMULAI DAN MENGAKHIRI KULIAH DENGAN DOA BERSAMA

INSTIKA Jumat, 23 Agustus 2019 15:18 WIB
160x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Wakil Rektor I, Dr. H. Ach. Maimun, M.Ag. menyampaikan pesan dari salah satu Masyaikh Annuqayah bahwa dosen hendaknya memulai dan mengakhiri kuliah dengan doa bersama.

Hal ini disampaikan pada saat Silaturahim dan Halal Bihalal antara pimpinan, dosen, dan karyawan di Ruang Pascasarjana Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Kamis siang (22/8/2019).

Alasan Masyaikh dalam menyampaikan pesan itu, menurut wakil rektor alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini, adalah karena INSTIKA dan IST Annuqayah berada di bawah naungan pondok pesantren.

"Jika di kampus luar tidak ada doa, maka di sini karena di bawah pesantren maka harus mulai dan selesai kuliah dengan doa bersama. Ini pesan Masyaikh," jelas Dr. Maimun.

Menanggapi anjuran untuk doa bersama, Dr. H. Abdul Wahid Hasan, salah satu dosen INSTIKA yang hadir pada kesempatan itu, menanyakan doa belajar yang biasa dibaca dan sudah direstui oleh Masyaikh Annuqayah. "Karena doa belajar banyak versi, maka kami minta doa versi Annuqayah," katanya.

Lebih jauh, Dr. Wahid menyampaikan, tujuan dari adanya doa versi Annuqayah ini agar semua dosen dan mahasiswa bisa membaca doa belajar yang seragam sesuai anjuran Masyaikh Annuqayah.

Permintaan Dr. Wahid tersebut mendapat tanggapan positif dari para dosen yang hadir. "Saya sangat setuju dengan usul Pak Wahid," ujar WR II KH. Mohammad Hosnan, MPd.

Sehubungan dengan itu, WR II langsung meminta Dr. Wahid untuk menuliskan doa belajar versi Annuqayah. Sebab, Dr. Wahid yang juga alumni Annuqayah, dianggap mengetahui doa yang dimaksud. Setelah dituliskan, lanjut WR II, kemudian akan dibawa ke Masyaikh untuk ditashih.

Setelah ditashih, masih kata K. Hosnan, akan dibuat banner untuk dipajang di area kampus. Tujuannya agar diketahui mahasiswa. Selain itu, juga akan disebar di grup WA dosen.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)