256 MAHASISWA FEBI IKUTI PEMBEKALAN PRAKTIKUM LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DAN ENTREPRENEURSHIP

FEBI Rabu, 2 Oktober 2019 12:39 WIB
160x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Senin (30/9/2019), menggelar Pembekalan Praktikum Lembaga Keuangan Syariah dan Entrepreneurship khusus mahasiswa FEBI semester VII (tujuh) di Aula As-Syarqawi INSTIKA.

Pembekalan kali ini mengusung tema “Mencetak Calon Sarjana Ekonomi yang Kompeten dan Berdaya Saing Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0”. Tujuan acara ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada calon peserta magang tentang apa dan bagaimana yang seharusnya dilakukan saat pelaksanaan magang berlangsung.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa bisa mempersiapkan skill yang mumpuni dalam dirinya sebelum terjun ke lapangan,” ungkap Ketua Panitia, Hajar, M.E.

Menurut Hajar, peserta magang tahun ini berjumlah 256 dengan rincian 123 mahasiswa dan 133 mahasiswi. Semua peserta ini terbagi ke dalam 84 kelompok yang tersebar di 33 instansi/lembaga, baik Lembaga Keuangan Syariah, Dinas pemerintahan, maupun homeindustri/perusahaan swasta.

Seluruh peserta magang tersebut, diberi bekal oleh tiga narasumber. Pertama, Dr. H. Damanhuri, M.Ag. (Dewan Pakar PD MES Sumenep dan Dosen INSTIKA). Ia menyampaikan bahwa di era revolusi industri 4.0 saat ini mahasiswa dituntut untuk lebih giat lagi belajar bisnis berbasis digital. Salah satu contohnya model bisnis berbentuk platform seperti gojek dan lain-lain.

Kedua, Imam Asy’ari, S.Sy. (Divisi Maal dan Kepatuhan Syariah BMT NU Jatim). Dalam pemaparannya ia menjelaskan bahwa calon sarjana sebaiknya mengamalkan apa yang terdapat dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syekh Zarnuji, khususnya soal syarat memperoleh ilmu. Menurutnya, ada enam syarat, yaitu; cedas, bersungguh-sungguh, sabar, biaya/modal, bimbingan guru, dan waktu yang lama. Melalui konsep ini, ia yakin mahasiswa akan meraih kesuksesan.

Ketiga, Khoirul Asiah, M.S.I. (Direktur Utama Pusat Inkubator Wirausaha Sumenep). Perempuan paruh baya ini banyak memotivasi mahasiswa agar bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Dalam pelaksanaan magang nanti, sebagaimana dijelaskan ketua panitia, direncanakan pemberangkatan peserta magang dibagi menjadi empat gelombang, yaitu:

  1. Gelombang I: tanggal 07 Oktober s/d. 06 November 2019
  2. Gelombang II: tanggal 07 November s/d. Desember 2019
  3. Gelombang III: tanggal 07 Desember 2019 s/d. 06 Januari 2020
  4. Gelombang IV: tanggal 07 Januari 2020 s/d. 06 Februari 2020

“Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)