FEBI GELAR SEKOLAH PASAR MODAL

FEBI Kamis, 24 Oktober 2019 09:58 WIB
229x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Untuk mengetahui cara melakukan trading saham dengan mudah, seluruh mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar Sekolah Pasar Modal Syari'ah, Rabu (23/10/2019).

Khusus mahasiswa putra acara digelar di Aula Pertemuan INSTIKA. Khusus putri digelar di Lab. PIAUD INSTIKA. Ketua panitia putri Jazilatin Nazilah dari prodi Ekonomi Syariah menjelaskan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk mempelajari trading saham di pasar modal.

"Selain itu, sebagai investor pemula kita dapat mengetahui bagaimana cara berinvestasi dengan mudah," tambahnya.

Dalam kegiatan ini, Fajar Imanuddin selaku narasumber  menyampaikan salah satunya bahwa untuk melakukan trading saham entah membeli ataupun menjual itu melalui anggota bursa. "Anggota bursa di sini merupakan perusahaan efek yang sudah terdaftar di OJK. Setelah itu, baru menuju KPEI dan KSEI, dalam hal ini terdapat sistem penjaminan dan penyelesaian transaksi, di mana pihak yang membeli akan mendapatkan efek (surat berharga) sedangkan yang menjual akan mendapatkan uang," terang Fajar.

Sementara itu, narasumber kedua Dian Fajar Mahardika menyampaikan bahwa saham merupakan surat berharga sebagai bukti penyertaan modal atas dimilikinya suatu perusahaan.

"Dengan berinvestasi di pasar modal dapat kiranya menjamin masa depan yang cerah," katanya.

Acara yang berlangsung mulai pukul 8:00 WIB pagi ini berakhir sekitar pukul 12:00 WIB siang.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)