KELULUSAN MAHASISWA 2019, DIMULAI DARI YUDISIUM HINGGA WISUDA 2 HARI

INSTIKA Jumat, 1 November 2019 13:55 WIB
131x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk – INSTIKA - Kelulusan mahasiswa Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep tahun akademik 2018/2019, dimulai dari Yudisium kemudian dilanjutkan dengan Wisuda. Secara formal, Yudisium dilaksanakan pada Kamis (31/10/2019) di Aula Asysyarqawi INSTIKA.

Rektor Drs. KH. Abbadi Ishomuddin, MA mengungkapkan dalam sambutannya, selama ini belum pernah INSTIKA mengadakan Yudisium secara formal. “Yudisium ini baru pertama kali dilaksanakan acaranya. Selama ini Yudisium itu hanya berupa SK.,” katanya.

Yudisium untuk mahasiswi dilaksanakan pada pukul 7:30 WIB sampai sekitar pukul 11:00 WIB. Sementara untuk mahasiswa dilaksanakan pada pukul 13:00 WIB hingga sekitar pukul 15:30 WIB. Karena secara formal baru dilaksanakan, rektor mengharapkan pada tahun-tahun mendatang, pelaksanaan Yudisium akan semakin baik.

Yudisium pertama ini diisi dengan sambutan rektor, pembacaan SK Kelulusan beserta gelar yang akan disandang mahasiswa yang lulus, pemberian SK Kelulusan ke masing-masing mahasiswa, dan pemberian kenang-kenangan dari mahasiswa Pascasarjana. Melalui perwakilan mahasiswa Pascasarjana memberikan kenangan-kenangan kepada INSTIKA yang diterima langsung oleh rektor. Kenang-kenangan ini berupa hasil digitalisasi manuskrip nusantara yang dikerjakan mahasiswa Pascasarjana.

Sementara itu, berkenaan dengan pelaksanaan wisuda, rektor mengatakan bahwa wisuda akan dilaksanakan dua kali atau dua hari, yakni pada Ahad dan Senin (3-4 November 2019). Hari Ahad untuk putra, sementara Senin untuk putri.

“Untuk pertama kalinya pelaksanaan wisuda putra dan putri ini dipisah,” jelas rektor. Alasannya, pertama memenuhi nilai-nilai standar kepesantrenan yang ditetapkan pondok pesantren Annuqayah. Kedua, peserta wisuda semakin banyak.

“Peserta wisuda saat ini mencapai kurang lebih 650 peserta,” ujarnya. Dengan peserta sebanyak itu, Aula Asyyarqawi yang biasa ditempati wisuda akan menampung sekitar 2600 lebih orang (peserta wisuda dan undangan). Hal ini sangat tidak efektif dan memakan waktu yang lama.

Sehubungan dengan itulah, sambung rektor, ketua panitia wisuda 2019, Drs. H. Masyhuri, M.Pd.I., menginginkan perubahan pelaksanaan wisuda agar menjadi lebih baik. Karena itu, panitia wisuda memutuskan bahwa wisuda dilaksanakan dua hari, yakni hari pertama untuk putra kemudian di hari kedua untuk putri.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)