WISUDA PUTRA, REKTOR TEKANKAN PENTINGNYA MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0

INSTIKA Ahad, 3 November 2019 15:57 WIB
102x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Ahad (3/11/2019), melaksanakan Rapat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Sarjana dan Magister ke-21 di Aula Asysyarqawi INSTIKA.

Pelaksanaan wisuda hari ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa. Sementara untuk mahasiswi akan digelar besok (Senin, 4/11/2019) juga di Aula Asysyarqawi INSTIKA.

Rektor Drs. KH. Abbadi Ishomuddin, MA., menjelaskan dalam sambutannya bahwa pada tahun ini pertama kali wisuda untuk mahasiswa dan mahasiswi dipisah. Pemisahan ini sesuai dengan nilai-nilai keislaman dan kepesantrenan yang dibangun pondok pesantren Annuqayah.

“Akhirnya, tidak hanya kegiatan pendidikan yang dipisah, tetapi juga pelaksanaan wisudanya,” jelas rektor.

Kepada wisudawan rektor berpesan, salah satunya, mahasiswa harus mampu menghadapi era industri 4.0. Era ini menuntut mahasiswa untuk mengetahui dan memahami serta mampu menjalankan teknologi digital.

Untuk menyongsong tantangan tersebut, kata rektor, INSTIKA di bawah naungan Pondok Pesantren Annuqayah mendirikan program studi experimental sciences, seperti Biologi, Kimia, Teknik dan lain-lainnya. Semua ini berada di bawah satu institusi, yaitu Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah.

Di samping itu, masih menurut rektor, era industri 4.0 menuntut kerja cepat. Karena itu, pesantren dan perguruan tinggi memiliki tantangan yang tidak mudah. “Kami tinjau kembali kurikulum dan lain-lainnya agar beradaptasi dengan perubahan yang cepat di era 4.0 ini,” terang rektor.

Rektor mendoakan wisudawan, semoga ilmu yang diperoleh di INSTIKA bermanfaat dan barokah. “Harapan saya yang pertama jangan berhenti belajar. Wisuda sarjana ini hanya permulaan untuk menjadi ilmuwan,” jelas rektor.

Rektor mengharapkan mahasiswa yang sudah mendapat gelar sarjana dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni pascasarjana. “Pascasarajana INSTIKA InsyaAllah siap menampung,” lanjut rektor.

Tahun ini peserta wisudawan dan wisudawati tercatat berjumlah 638 orang. Dari seluruh peserta ini, yang diwisuda hari ini, yakni wisudawan berjumlah 261 mahasiswa. Sementara yang akan diwisuda besok berjumlah 377 mahasiswi.

Rapat Terbuka Wisuda yang dimulai sekitar pukul 7:30 WIB. ini berakhir sekitar pukul 11:00 WIB.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)