TUMBUHKAN SIFAT KEPEDULIAN, UKM PRAMUKA LAKUKAN PEMUGARAN TEMPAT IBADAH

INSTIKA Jumat, 17 Januari 2020 15:05 WIB
399x ditampilkan Berita

Ganding – INSTIKA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Pramuka Racana K.H. Abdullah Sajjad mengadakan kegiatan yang diberi nama Project Social, Rabu (15/01/2020). Project Social ini berupa pemugaran masjid dan sumbangan inventaris melalui pemanfaatan barang bekas layak pakai dan bantuan alat kebersihan. Kegiatan ini sudah dimulai seminggu yang lalu (08/01/2020) dengan melakukan observasi pada dua masjid yang menjadi target kegiatan ini. Dua masjid ini adalah Masjid Baitur Rahmah dan Masjid Miftahul Jannah di Bata’al, Ganding, Sumenep.

            Menurut Adi Firdaus, Ketua Dewan Racana, Project Social kali ini lebih ditekankan pada interaksi sekaligus pengabdian warga racana terhadap masyarakat sekitar. Tujuannya, warga racana yang masih menempuh pendidikan di pondok pesantren ini, diharapkan siap dan bisa bekerja ketika sudah menjadi alumni dan hidup di tengah-tengah masyarakat.

            Para peserta kegiatan ini, pertama melakukan obeservasi dan wawancara dengan takmir terkait dengan sejarah, struktur kepengurusan, kegiatan masjid, serta inventaris masjid yang dirasa masih kurang dan bisa diusahakan pengadaannya.

            Seminggu setelah observasi, wawancara dan diskusi antar anggota kelompok terkait barang yang akan disumbangkan. Setelah itu, barang-barang tersebut diserahkan pada takmir masing-masing masjid. Barang-barang itu meliputi: papan Bank Data, sapu, kemucing, pel lantai, Al-Qur’an, tempat sampah dan gayung.

            Respon positif masing-masing takmir memberi semangat lebih pada anggota racana, lebih-lebih pada peserta Warga Racana yang akan dilantik yang telah bekerja keras demi suksenya kegiatan ini. “Dengan adanya kegiatan ini, setidaknya saya bisa belajar bahwa berinteraksi dengan masyarakat tidaklah segampang yang saya kira, karena latar belakang demografis masyarakat yang berbeda-beda. Setidaknya, dengan segala usaha yang kami kerjakan seminggu terakhir, kami sadar bahwa menjadi pribadi yang peduli akan sesama itu sangat penting. Kami beruntung, karena kegiatan ini, kami bisa menjadi sebagian dari orang yang masih peduli pada mereka yang membutuhkan.” tutur Khairus Sholeh, salah satu peserta Pelantikan Warga Racana.

            Sementara itu, menurut Musyfiqurrahman, Dewan Pemangku Adat UKM Pramuka masa bakti 2018-2019, kegiatan ini merupakan kegiatan penting yang bisa mengasah skill masing-masing peserta dalam bermasyarakat. “Pada akhirnya, mau tak mau, kita akan berhadapan dan akan dihadapkan pada kenyataan bahwa kita harus bisa survive dalam bermasyarakat, entah itu ketika kita KKN nanti ataupun ketika benar-benar telah bermasyarakat dalam arti sesungguhnya. Maka dari itu, kegiatan ini adalah kegiatan yang bagus. Pramuka bisa menjadi wadah untuk pembelajaran ‘di luar’ koridor kurikulum formal dengan cara yang asyik.” terang Musyfiq.

Penulis: Adi Firdaus (UKM Pramuka)