Mahasiswa INSTIKA Borong Juara di Pentas Sastra Se-Madura

INSTIKA Selasa, 25 Februari 2020 12:09 WIB
61x ditampilkan Berita

Sumenep - INSTIKA - Shofi Nur Agustin, Ratna Wulandari, dan Umdatul Khoirot adalah mahasiswa Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep. Di pentas sastra, mereka dapat mengharumkan nama almamaternya. Pasalnya, mereka meraih juara cipta dan baca puisi se-Madura yang diselenggarakan Sanggar Bunyamin, Nurul Jadid, Bluto, Sumenep, Ahad (23 Februari 2020).

Shofi Nur Agustin meraih Juara Umum lomba Baca Puisi. Ratna Wulandari meraih Juara 1 lomba Cipta Puisi. Sedangkan Umdatul Khoirot meraih Juara 3 lomba Cipta Puisi. “Alhamdulillah perjuangan kami di dunia sastra tidak sia-sia,” kata Shofi Nur Agustin saat ditemui di Kampus INSTIKA Putri.

Selama ini, mereka menggeluti dunia sastra, khususnya puisi, bersama teman-temannya di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Al-Fatihah INSTIKA Putri. “UKM Teater INSTIKA menjadi wadah bagi kami untuk mempelajari dan menyalurkan bakat kami di bidang sastra,” ujar Umdatul Khoirot.

Sementara, Ratna Wulandari mengatakan bahwa latihan-latihan menulis dan membaca puisi di Teater Al-Fatihah telah melatih dirinya, selain memahami dunia sastra, juga mengasah jiwanya untuk mengetahui hakikat kehidupan. “Saya belajar memahami hakikat hidup melalui puisi,” terang Ratna yang puisinya berjudul Lautan Haru mendapat juara 1 tersebut.

Atas prestasi yang diraih tersebut, Lailatul Fitriyah, salah satu anggota Teater Al-Fatihah, ikut bersyukur. “Saya semakin optimis kuliah di INSTIKA karena saya belajar bersama teman-teman yang benar-benar serius dalam mempelajari sesuatu, termasuk belajar kesusastraan,” katanya.

Seluruh Civitas Akademika INSTIKA mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi yang diraih mahasiswa tersebut.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)