Kepala LP2M INSTIKA Terpilih sebagai Sekretaris Asosiasi Pengelola Jurnal LPTNU Jawa Timur

INSTIKA Rabu, 26 Februari 2020 13:45 WIB
261x ditampilkan Berita

Surabaya - INSTIKA - Mempunyai jurnal yang terakreditasi sangat baik merupakan cita-cita setiap perguruan tinggi. Karena itu, diperlukan upaya peningkatan kapasitas pengelolaan jurnal.

Untuk itu, pengurus Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU), Senin (24/2/2020) di Café Fastron lt. 3, Tower, Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya, membentuk Asosiasi Pengelola Jurnal LPTNU Jawa Timur, yang kemudian disingkat Arjunu.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 74 peserta dari perguruan tinggi anggota LPTNU Jawa Timur. Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengutus 3 orang untuk menghadiri kegiatan tersebut, yaitu Dr. Moh. Asy'ari Muthhar, M.Fil.I., (Pengelola jurnal di Pascasarjana), Paisun, M.Pd., (pengelola Jurnal ’Anil Islam), dan Mohammad Takdir, M.Hum., (pengelola jurnal di Ushuluddin).

Agar Arjunu berjalan dengan maksimal, menurut laporan Mohammad Takdir, maka dibentuklah kepengurusan yang dibagi dua, yaitu pengurus inti dan pengurus bidang. Di kepengurusan inti, terdapat ketua, wakil, sekretaris dan bendahara.

”Sehubungan dengan kepengerusan inti tersebut, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) INSTIKA, yakni Paisun, M.Pd., yang sekaligus pengelola Jurnal ’Anil Islam INSTIKA, terpilih sebagai sekretaris Arjunu,” ujar Takdir.

Dengan terbentuknya Arjunu tersebut, lanjut Takdir, diharapkan pengelolaan jurnal di lingkungan LPTNU semakin baik dan berkualitas.

Lebih jauh, Takdir menjelaskan, dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa kesepakatan di antaranya: pertama, semua perwakilan pengelola jurnal di lingkungan LPTNU berkomitmen untuk saling berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan pengelolaan jurnal meliputi indexing, akreditasi, dan lain sebagainya.

Kedua, akan dilakukan pemetaan jurnal di lingkungan LPTNU berdasarkan bidang kajian dan akreditasi di Sinta.

Ketiga, mempercepat akreditasi jurnal dengan melakukan pendampingan terhadap jurnal yang akan melakukan akreditasi di Sinta.

Keempat, saling memberikan informasi mengenai adanya karya-karya yang akan diterbitkan.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)