Pandemi Corona, INSTIKA Keluarkan Imbauan untuk Mengantisipasi Penyebarannya

INSTIKA Ahad, 15 Maret 2020 15:17 WIB
310x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Wabah virus corona (Covid-19) yang semakin menyebar ke seluruh dunia sehingga ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi, telah mendorong pemerintah Republik Indonesia dan seluruh masyarakat bersama-sama mencegah dan mengantisipasi penyebarannya.

Sehubungan dengan itulah, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengeluarkan surat edaran terkait virus itu dengan nomor 12/Ins.036/K.A/III/2020. Surat edaran yang ditandatangani langsung oleh rektor Drs. KH. Ah. Syamli, M.Pd.I ini berisi imbauan kepada seluruh civitas akademika untuk melakukan hal-hal penting guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran wabah tersebut.

Hal-hal penting yang harus dilakukan itu adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum melakukan aktivitas akademik, seperti perkuliahan dan masuk kantor, bagi yang merasa kondisi tubuhnya kurang fit, diimbau untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter atau petugas medis.
  2. Tidak melaksanakan atau membatalkan acara-acara yang melibatkan banyak orang (keramaian massa), baik di dalam atau di luar lingkungan INSTIKA, seperti kuliah umum, seminar, dan lain-lain, sejak tanggal 15 Maret sampai 23 April 2020.
  3. Mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan olahraga dan istirahat yang cukup, menghindari jabat tangan, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, membuang sampah pada tempatnya, dan menggunakan masker apabila batuk dan pilek.
  4. Saling mengingatkan dan meningkatkan kewaspadaan di tiap unit masing-masing dengan menyebarkan informasi kesehatan tanpa membuat panik.
  5. Dosen disarankan untuk mengingatkan mahasiswa setiap kali masuk kuliah tentang perilaku hidup sehat dan sikap waspada menghadapi virus corona.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)