Keputusan Penting Terbaru INSTIKA dan IST Annuqayah Menyikapi Covid-19

INSTIKA Ahad, 22 Maret 2020 15:22 WIB
1775x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) dan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Ahad (22/3/2020) di Ruang Pertemuan INSTIKA, mengadakan rapat pimpinan menyikapi kondisi terbaru penyebaran virus corona (Covid-19).

Rapat pimpinan ini dihadiri Rektor Drs. KH. Ah. Syamli, M.Pd.I, wakil rektor 1 Dr. H. Damanhuri, M.Ag., wakil rektor 2 KH. Mohammad Hosnan, M.Pd., wakil rektor 3 K. M. Mushthafa, MA., direktur pascasarjana Dr. H. Ach. Maimun, M.Ag., seluruh dekan masing-masing fakultas dan kepala-kepala lembaga.

Rektor menyampaikan, melihat kasus penyebaran Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan khususnya di wilayah Jawa Timur yang sudah berada di zona merah, dan menindaklanjuti instruksi Pengurus PP. Annuqayah Nomor: 95/P3A/VII/1441 untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran dari rumah, maka diperlukan kebijakan baru mengenai kegiatan belajar mengajar. “Karena itu, kami mengadakan rapat mendadak ini untuk membahas sistem pembelajaran dari rumah yang akan kami laksanakan,” ujar Rektor.

Usai mengikuti rapat pimpinan, wakil rektor 2 menjelaskan beberapa keputusan penting dalam rapat tersebut, terkait kegiatan belajar mengajar dan beberapa kegiatan akademik lainnya, di antaranya:

Pertama, sesuai instruksi pengurus pesantren, mulai besok (Senin, 23/3) perkuliahan dilangsungkan dengan sistem “non-tatap muka.”

“Mengenai protokol lengkapnya berkenaan dengan sistem kuliah non-tatap muka ini akan dijelaskan secara detail melalui pengumuman tersendiri,” jelasnya.

Kedua, pelayanan kampus tetap aktif sebagaimana biasa. Namun juga diatur dengan sistem keamanan yang standar untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mengenai detail pelayanan ini juga akan diumumkan tersendiri.

Ketiga, Unit Kegiatan Mahasiswa yang ingin melaksanakan program-programnya dalam waktu dekat ini, seperti pemilihan presiden mahasiswa, ditunda sampai ada pemberitahuan lebih lanjut untuk pelaksanaannya. Bahkan direncanakan, selama di rumah, mahasiswa akan dianjurkan untuk membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai keputusan rapat pimpinan pada hari ini, akan dibuat pengumuman resmi dari INSTIKA dan IST Annuqayah. Mohon ditunggu pengumuman resminya, ya,” terang K. Hosnan.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)