INSTIKA Berlakukan Kuliah NTM untuk Pencegahan Covid-19

INSTIKA Senin, 23 Maret 2020 05:51 WIB
185x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Mulai hari ini (Senin, 23/3/2020) sampai 6 Juni 2020, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep memberlakukan kuliah Non-Tatap Muka (NTM). Hal ini dimaksudkan untuk pencegahan corona virus disease (Covid-19).

“Kuliah NTM ini kami lakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang pencegahan virus corona, Surat Edaran Menteri Agama RI tentang pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada area publik di lingkungan kementerian agama, surat instruksi pengurus pondok pesantren Annuqayah, dan keputusan Rapat Pimpinan INSTIKA dan IST Annuqayah kemarin,” ujar Wakil Rektor 2, KH. Mohammad Hosnan, M.Pd.

Dalam Surat Edaran INSTIKA tentang pelaksanaan kuliah NTM yang ditandatangani langsung oleh Rektor, Drs. KH. Ah. Syamli, M.Pd.I., disebutkan bahwa kuliah NTM adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dosen dan mahasiswa secara mandiri, disepakati bersama di tempat terpisah.

Ada beberapa varian kuliah NTM yang bisa dipilih oleh dosen dan mahasiswa, yaitu:

Pertama, kuliah daring, yakni menggunakan berbagai aplikasi dan medsos, seperti Google Classroom, Edmodo, atau aplikasi lainnya.

Kedua, membuat video perkulihan. Dalam artian, dosen membuat video perkuliahan pribadi yang kemudian dibagikan kepada mahasiswanya, seperti melalui YouTube.

Ketiga, dosen membuat modul atau ringkasan materi untuk dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa.

Keempat, penugasan. Dosen bisa memberikan tugas kepada mahasiswa untuk menyusun makalah, atau membuat ulasan (review) buku atau artikel, atau menerjemahkan naskah bahasa asing (Arab atau Inggris).

“Dosen dan mahasiswa bisa memilih berbagai model kuliah NTM itu sesuai dengan kondisi dan efektivitas pembelajaran,” ujar wakil rektor 1, Dr. H. Damanhuri, M.Ag.

Lebih lanjut WR 1 mengatakan, proses kuliah NTM akan didukung dan dipantau langsung oleh pimpinan fakultas dan program studi. “Jadi untuk kelancaran kuliah NTM ini dosen bisa menghubungi langsung pihak fakultas dan prodi,” jelasnya.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)