KH. Abd. Wadud Munir Dewan Pengasuh Annuqayah Meninggal Dunia, Civitas Akademika Kampus Annuqayah Turut Berduka Cita

INSTIKA Senin, 15 Juni 2020 12:03 WIB
585x ditampilkan Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Kampus Annuqayah (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) dan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, turut berduka cita yang sangat mendalam atas meninggalnya KH. Abd. Wadud Munir, salah satu Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah. 

"Kami atas nama Civitas Akademika Kampus Annuqayah, mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya KH. Wadud Munir," kata Rektor Drs. KH. Ah. Syamli, M.Pd.I. 

Rektor mengajak seluruh civitas akademika Kampus Annuqayah untuk ikut serta mendoakan K. Wadud. "Semoga beliau husnul khotimah dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya," tambah K. Syamli. 

K. Wadud yang lahir tahun 1942 ini meninggal pada hari ini (Senin, 15/6/2020) pagi. Dengan demikian, beliau meninggal pada usia 78 tahun.

K. Wadud merupakan cicit KH. Syarqawi, pendiri Annuqayah. Beliau lahir dari pasangan K. Munir dan Nyai Mamduhah. K. Munir adalah cicit KHR. Ruham, Kembang Kuning, Pamekasan. Sementara, Nyai Mamduhah merupakan putri KH. Ilyas bin KH. Syarqawi.

 K. Wadud menikah dengan Nyai Alif Layyinah putri KH. Ahmad Basyir Abdullah Sajjad yang tak lain adalah paman sepupu beliau. 

Setelah menjadi menantu K. Basyir, K. Wadud aktif membantu mertuanya sebagai pegasuh santri Pondok Pesantren Annuqayah, khususnya daerah Latee.

Sebagai guru di Annuqayah, K. Wadud mengampu materi Bahasa Arab dan Balaghah.

Dalam upaya mencari rezeki, K. Wadud terkenal sebagai pengusaha. Beliau membuka rental komputer, foto kopi, dan beberapa toko serta usaha lainnya, baik di dalam maupun di luar pesantren.

Berkenaan dengan upacara pemakaman, jenazah dimakamkan usai shalat Asar. K. Hazmi, salah satu pengasuh Annuqayah, menyampaikan bahwa santri dan masyarakat  yang ingin melayat diberi waktu mulai dari pagi sampai sore pukul 17:00 WIB. 

Acara tahlil, lanjut K. Hazmi, akan dimulai besok (Selasa 16 Juni 2020) ba’da Asar pukul 15.45 WIB di aula kunjungan PP Annuqayah Latee.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)