Evaluasi KKN 2020, Model KKN Riset akan Terus Dipertahankan

INSTIKA Rabu, 16 September 2020 19:10 WIB
68x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep mengadakan Evaluasi Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2020 bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Rabu (16/9/2020), di Ruang Pertemuan.

Menurut Kepala LP2M Paisun MPdI, tujuan diadakannya evaluasi adalah untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari DPL mengenai pelaksanaan KKN tahun ini.

Adanya pandemi telah menuntut panitia KKN mengadopsi model baru, yakni model KKN yang beradaptasi dengan situasi pandemi. "Karena itu, tahun ini kami menggunakan model KKN Dari Rumah dan Riset," jelas Paisun saat memberikan sambutan di hadapan DPL.

Dr H Damanhuri MAg memberikan penilaian yang baik atas terlaksananya KKN-DR dan Riset tahun ini. "KKN saat ini dapat dikatakan sukses," terangnya.

Wakil rektor 1 tersebut juga mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa mahasiswa yang mensubmit hasil risetnya ke jurnal. Meskipun masih ada juga beberapa peserta KKN Riset yang belum menyetorkan hasil risetnya.

Sementara itu, beberapa DPL yang memberikan masukan mengapresiasi adanya KKN Riset. Seperti yang dikatakan salah satu DPL, Ach Rofiq MPdI, bahwa KKN Riset perlu untuk terus dilanjutkan pada kegiatan KKN tahun mendatang. Mengingat manfaatnya yang begitu besar bagi pengembangan penelitian dosen dan mahasiswa.

Mendapat apresiasi yang baik berkenaan dengan KKN Riset, Kepala LP2M menyatakan akan berupaya untuk melanjutkan program KKN Riset pada tahun berikutnya.

Di samping itu, sebagaimana masukan dari beberapa DPL, pihak LP2M juga akan membuat juknis pelaksanaan KKN Riset yang lebih baik di tahun mendatang.

Paisun juga mengabarkan, peserta KKN Riset yang artikel hasil risetnya dimuat di Jurnal Terakreditasi akan mendapatkan reward. Sedangkan untuk peserta KKN-DR, LP2M akan mengadakan lomba hasil pengabdian kepada masyarakat.

"Untuk juknis pelaksanaan lombanya akan diumumkan kemudian," katanya.

Pihak LP2M menyampaikan terima kasih kepada DPL yang telah ikut menyukseskan pelaksanaan KKN yang berakhir pada 31 Agustus 2020 yang lalu.

"Masukan dari DPL benar-benar berharga bagi kami untuk pelaksanaan KKN yang lebih baik di tahun mendatang," pungkas Paisun.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)