Penerjunan Tahap 2 Peserta PTS 2020 ke Lembaga Sekolah

USHULUDDIN Rabu, 14 Oktober 2020 08:04 WIB
46x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Prodi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep kembali menerjunkan peserta Praktikum Terapi Sufistik (PTS) untuk hari kedua dan hari ketiga terhitung sejak tanggal 10 Oktober-12 Oktober 2020.

Pada penerjunan kali ini Prodi TP bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain di bawah naungan Pondok Pesantren Annuqayah, antara lain; SMK Annuqayah Putri, SMA 3 Annuqayah, MA 2 An-Nuqayah, MA 1 Annuqayah Putri, @MAT Annuqayah, dan SMA Annuqayah.

Adapun Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang menjadi pembimbing pada lembaga-lembaga tersebut, yaitu; Dr. Fathurrosyid, M.Th.I, M. Musthafa, S.Fil., M.A, Nuzulul Khair, S.Psi., M.A, Mahmudi, M.Fil.I, Masykur Arif, M.Hum, dan Mohammad Takdir, M.Hum.

Praktikum PTS kali ini akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, dimulai sejak proses penyerahan (11 Oktober, 2020) sampai penarikan (25 November, 2020). Secara umum, kegiatan PTS dibagi menjadi tiga kegiatan inti, yaitu; tahap assesmen psikologis, tahap interpretasi hasil assesmen, dan rancangan program sekaligus pelaksanaan intervensi.

Kepala SMK Annuqayah, Riyadi, S.H.I,  mengapresiasi pelaksanaan PTS yang bisa menjadi medium bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya yg didapatkan selama kuliah. Ia menambahkan bahwa praktikum kali ini juga bisa menjadi sarana untuk mengeksplorasi aspek-aspek penting pada siswi yg tidak bermasalah agar bisa menjadi rujukan (model) bagi siswi yang lain, khususnya bagi siswi yang memiliki problem psikologis.

Sementara Kepala SMA Annuqayah, Zaini, M.Ed., mengungkapkan hal yang senada, ia mengatakan bahwa kegiatan praktikum PTS bisa menjadi medium yang saling menguntungkan antara Prodi TP, mahasiswa dan lembaga.

Para mahasiswa pun mengaku antusias untuk mengikuti kegiatan Praktikum Terapi Sufistik (PTS) mulai dari proses awal hingga akhir pelaksanaan praktikum.

Penulis: Nuzulul Khair (Prodi TP)