Wisuda 2020 Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

INSTIKA Rabu, 21 Oktober 2020 15:46 WIB
179x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Protokol kesehatan, merupakan salah satu kata kunci dari panitia wisuda Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep sehingga sukses menggelar wisuda secara tatap muka di masa pandemi ini.

"Kami benar-benar menerapkan protokol kesehatan Covid-19 demi terlaksananya acara wisuda dengan tatap muka langsung di tahun 2020 ini," kata ketua panitia Drs H Abdul Halim MPdI saat ditemui di kantornya setelah acara wisuda, Rabu (21/10/2020).

Untuk memenuhi protokol kesehatan itulah, lanjutnya, prosesi wisuda tahun ini dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama khusus mahasiswa yang mondok. Tahap kedua dan ketiga khusus mahasiswa yang kalong.

"Pelaksanaan wisuda dengan beberapa tahap ini untuk menghindari membeludaknya pengunjung saat wisuda," jelasnya.

Dengan begitu, lanjut Dekan Fakultas Syariah ini, peserta wisuda dan undangan bisa diatur jaraknya. "Peserta wisuda dan undangan harus jaga jarak," terangnya.

Dengan demikian, diharapkannya tidak ada kerumunan massa pengunjung yang biasanya memadati lingkungan kampus pada saat wisuda, seperti yang biasanya terjadi sebelum pandemi.

Untuk mengantisipasi adanya pengunjung selain undangan, panitia telah membentuk Tim Keamanan dan Covid-19. Tim keamanan ini, selain dari pihak kampus sendiri, juga bekerja sama dengan pihak TNI dan kepolisian, Tim Satgas Covid-19 Annuqayah, banser, dan pramuka.

"Mulai dari pintu masuk ke Annuqayah, yakni di portal dekat Lubtara, kami sudah melakukan pengecekan terhadap pengunjung. Pengunjung yang tidak membawa undangan wisuda, kami hentikan sampai di portal ini. Tidak boleh masuk ke area wisuda," jelas koordinator keamanan wisuda Kiai Ahmad Faris MPdI.

Sementara itu, peserta wisuda dan undangan sebelum memasuki tempat acara harus melewati bilik disinfektan, cek suhu, dan memakai masker.

"Sampai di tempat acara, undangan wisuda, dipersilahkan untuk menduduki kursi yang sudah diatur sesuai dengan aturan jaga jarak," terang kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) ini.

Kiai Faris kemudian menegaskan, acara wisuda di tengah pandemi ini bisa berjalan dengan lancar karena semua yang terlibat harus mematuhi protokol kesehatan.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)