Wisuda Tahap 1 2020, 221 Peserta Dikukuhkan

INSTIKA Rabu, 21 Oktober 2020 15:55 WIB
131x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep menggelar Rapat Terbuka Senat tahap 1, Rabu (21/10/2020) di Aula Assyarqawi.

Rapat ini dalam rangka wisuda ke-22 program sarjana dan magister tahun akademik 2019-2020.

Rektor Drs KH Ah Syamli MPdI dalam sambutannya menyampaikan, tahun ini peserta wisuda secara keseluruhan tercatat berjumlah 659 orang. Dengan rincian: Fakultas Syariah 48 orang putra putri, Fakultas Tarbiyah 211 orang putra putri, Fakultas Ushuluddin 96 orang putra putri, Fakultas FEBI 246 orang putra putri, dan Pascasarjana 59 orang putra putri.

Keseluruhan peserta tersebut, lanjut rektor, diwisuda dalam 3 tahap. Tahap 1 khusus yang mondok. Tahap 2 dan 3 khusus yang kalong. Peserta wisuda yang dikukuhkan pada tahap 1 ini sebanyak 221 orang. Sementara sisanya akan dikukuhkan pada tahap 2 dan 3, yakni tanggal 8 dan 9 November 2020 mendatang.

Dikatakan oleh rektor, pelaksanaan wisuda tiga tahap ini tentu karena pandemi. "Wabah virus corona menuntut kita mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker," terangnya.

Selanjutnya, rektor juga menyampaikan perkembangan kampus INSTIKA yang setiap tahun terus mengalami peningkatan. Mulai dari kualitas dan kuantitas dosen dan mahasiswa, penelitian dan pengabdian dosen dan mahasiswa, kurikulum dan sistem pembelajaran, hingga sarana dan prasarana.

Peningkatan dari segi kualitas dan kuantitas, menurut rektor, merupakan bukti keseriusan dalam mengelola kampus INSTIKA. Rektor kemudian meminta dukungan kepada seluruh pihak agar kampus yang dikelolanya semakin maju dalam memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Kepada wisudawan dan wisudawati, rektor mewakili civitas akademika mengucapkan selamat dan sukses. "Semoga ilmu, pengalaman belajar, dan keterampilan yang diperoleh di INSTIKA berkah dan diridai Allah Swt," katanya.

Demikian juga rektor mengucapkan selamat kepada wali wisudawan dan wisudawati yang telah memberikan dukungan, baik materi dan doa, sehingga di tengah-tengah keluarganya ada yang meraih gelar sarjana dan atau magister.

"Semoga kehadiran seorang sarjana atau magister di keluarga Bapak dan Ibu dapat memberi keberkahan baik di dunia maupun di akhirat," ucapnya.

Sementara itu, Aldi Hidayat sebagai perwakilan wisudawan dan wisudawati, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyaikh Annuqayah, rektor beserta jajarannya, dan para dosen yang selama ini telah mendidik dirinya hingga lulus.

"Mudah-mudahan ilmu yang kami peroleh bisa bermanfaat dan berkah," kata Aldi mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin ini.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)