Dosen FEBI Arina Haqan MEI Raih Gelar Doktor

INSTIKA Jumat, 23 Oktober 2020 04:13 WIB
133x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Di masa pandemi ini, sudah ada dua dosen Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep yang meraih gelar doktor. Yang pertama, sekitar 3 bulan yang lalu, Dr Durhan MPdI. Dan, sekarang Dr Arina Haqan MEI.

Bagi mereka, pandemi bukanlah halangan untuk menyelesaikan studi S-3. Malah, pandemi yang mengharuskan untuk tidak sering keluar rumah memberikan kesempatan besar untuk segera menyelesaikan tugas akhir berupa disertasi.

Arina Haqan MEI dikukuhkan sebagai doktor setelah sukses mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji pada Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis (22/10/2020), secara daring.

"Alhamdulillah, meskipun terbilang lama kuliah S-3, saya masih bisa menyelesaikannya," kata dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) INSTIKA ini.

Putri mantan rektor INSTIKA Drs KH Mutam Muchtar MPdI ini mulai kuliah S-3 pada tahun 2012. Dengan demikian, ia menempuh S-3 kurang lebih selama 8 tahun.

Disertasi yang ditulisnya berjudul "Akad Mudharabah pada Produk Financing Perspektif Maqashid al-Syariah Jasser Auda."

Dalam laporannya, penelitian disertasi ini menghasilkan temuan berupa indikator orientasi pembiayaan bank syariah yang berkenaan dengan proporsi akad tabarru’ dan akad tijarah, proporsi produk berbasis akad mudharabah dan akad murabahah, dan metode bagi hasil yang digunakan, yaitu profit sharing/revenue sharing.

"Indikator tersebut bisa menghsilkan tipologi penelitian orientasi Bank Syariah berupa falah/profit," katanya saat dihubungi tim LP2D.

Keberhasilannya dalam mempertahankan hasil penelitian disertasinya tersebut telah menjadikannya sebagai doktor ke-633 di UINSA Surabaya, doktor ke 13 INSTIKA, Doktor ke-3 dosen putri INSTIKA, dan doktor pertama bidang ekonomi syariah di INSTIKA.

Rektor Drs KH Ah Syamli MPdI mewakili civitas akademika INSTIKA mengucapkan selamat dan sukses kepada Arina Haqan MEI atas keberhasilannya meraih gelar doktor di bidang ekonomi syariah.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)