Wisuda 2020, Rektor: Tugas Selanjutnya adalah Melanjutkan Perjuangan Rasulullah

INSTIKA Senin, 9 November 2020 17:10 WIB
367x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk -  INSTIKA - Di hadapan wisudawati pada wisuda sarjana dan magister tahap 3, Senin (9/11/2020), Rektor Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep, Drs KH Ah Syamli MPdI, menyampaikan beberapa pesan. Sebagian pesan telah disampaikan pada wisuda tahap 1, Rabu (21/10/2020), dan tahap 2, Ahad (8/11/2020).

Beberapa pesan itu, di antaranya: pertama, hendaknya wisudawan dan wisudawati mensyukuri apa yang telah diraihnya, yakni berupa gelar akademik sarjana atau magister.

Sebab, menurut rektor, perjuangan meraih mimpi di dunia akademik tidak semudah membalik telapak tangan. "Jadi, mari syukuri apa yang telah kita raih,"  jelas rektor.

Kedua, wisudawan dan wisudawati yang sudah menjadi alumni diharapkan dapat mengabdi di tengah masyarakat. Pengabdian itu berupa mengajarkan agama Islam dengan ideologi Ahlussunah Waljamaah.

Ditegaskan lagi oleh rektor bahwa Islam yang hendaknya diajarkan di tengah-tengah masyarakat adalah Islam yang moderat dan toleran. "Islam seperti inilah yang diwariskan oleh Nabi, para ulama', para kiai di nusantara dan masyaikh Annuqayah," terangnya.

Ketiga, K Syamli juga mengingatkan bahwa indikator kesuksesan alumni INSTIKA adalah adanya peningkatan ketakwaan. "Bukan seberapa besar terserap dalam dunia kerja," jelasnya.

Karena itu, rektor mengharapkan kepada wisudawan dan wisudawati untuk terus meningkatkan ketakwaannya sehingga dengan begitu ia semakin meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Terakhir, rektor berpesan kembali bahwa tugas mahasiswa selanjutnya setelah dikukuhkan sebagai sarjana atau magister adalah melanjutkan perjuangan Rasulullah. Yang dimaksud perjuangan Rasulullah oleh rektor adalah, sebagaimana yang disampaikan tadi, yakni mendakwahkan Islam rahmatan lil alamin: Islam yang ramah, sejuk dan damai.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)