Mahmudi, M.Fil.I., Dosen TP Raih Gelar Doktor

INSTIKA Selasa, 8 Desember 2020 20:11 WIB
175x ditampilkan Galeri Headline Berita

Semarang - INSTIKA - Mahmudi MFilI adalah dosen tetap program studi Tasawuf dan Psikoterapi (TP) Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep. Pada hari ini (Selasa, 8/12/2020) ia meraih gelar doktor.

Gelar tersebut diraih setelah dirinya sukses mempertahankan hasil penelitian disertasinya di hadapan para penguji pada Ujian Terbuka Promosi Doktor Pascasarjana UIN Walisongo Semarang.

Ujian tersebut dilangsungkan secara online melalui aplikasi Zoom. Awalnya, menurut Wakil Dekan fakultas Ushuluddin ini, ujian tersebut direncanakan akan dilakukan secara tatap muka langsung di UIN Walisongo Semarang. Namun, karena dikabarkan kasus Covid-19 mengalami peningkatan akhirnya dibatalkan.

"Alhamdulillah, walaupun dilaksanakan secara online, ujian bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Mahmudi mulai kuliah S3 pada tahun 2014. Ia mendapat beasiswa kementerian agama program 5000 doktor. Meskipun terlambat, ia mengungkapkan tetap bersyukur karena masih bisa menyelesaikan kuliah S3 selama kurang lebih 6 tahun.

Disertasi yang ditulisnya berjudul "Paradigma Kesatuan Ilmu UIN Walisongo dalam Perspektif Scientia Sacra S.H. Nasr." Menurut pengakuannya, mengapa ia melakukan penelitian ini, karena untuk mengetahui secara lebih jauh model integrasi ilmu dan agama di tempatnya belajar.

Keberhasilannya dalam mempertahankan hasil penelitian disertasinya tersebut telah menjadikannya sebagai doktor ke-143 UIN Walisongo Semarang. Sementara di tempatnya mengabdi, yakni INSTIKA, ia tercatat sebagai doktor yang ke-14.

Rektor Drs KH Ah Syamli MPdI mewakili civitas akademika INSTIKA mengucapkan selamat dan sukses kepada Dr Mahmudi MFilI atas keberhasilannya meraih gelar doktor di bidang Filsafat Islam.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)