Publikasi Ilmiah Dosen Mendesak untuk Ditingkatkan

INSTIKA Kamis, 28 Januari 2021 08:14 WIB
219x ditampilkan Galeri Headline Berita

Guluk-Guluk -  INSTIKA - Selain mengajar dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, dosen juga punya kewajiban untuk melakukan penelitian. Hasil penelitian kemudian dipublikasikan dalam bentuk artikel ilmiah yang terbit di jurnal.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep melaporkan bahwa di tahun 2020 sangat sedikit dosen yang menghasilkan publikasi ilmiah, terlebih dosen putri.

Persoalan itulah yang memantik LP2M mengadakan Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi dengan tema "Tingkatkan Produktivitas, Galakkan Publikasi", Rabu (27/1/2021), di Ruang Pertemuan INSTIKA.

"Lembaga kami punya tanggung jawab untuk mendorong dosen agar produktif dalam menghasilkan artikel ilmiah. Karena dosen putri dirasa sangat kurang dalam hal ini, maka kami mengadakan workshop dan pendampingan penulisan artikel ilmiah khusus dosen putri," ujar Paisun MPdI selaku kepala LP2M.

Tujuan kegiatan ini, lanjut Paisun, untuk memberikan bekal pengetahuan dan pendampingan bagi dosen agar bisa menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Demikian juga untuk menumbuhkan kesadaran berkenaan dengan pentingnya menulis di jurnal sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi.

"Dengan kegiatan ini diharapkan produktivitas dosen dalam menulis karya ilmiah semakin meningkat," tambahnya.

Narasumber kegiatan ini menghadirkan dosen dari INSTIKA sendiri yang selama ini dianggap produktif menghasilkan karya ilmiah dan terbit di jurnal berupatasi, yakni Dr Ulya Fikriyati, MAg.

Dr Ulya diminta untuk berbagi pengalaman mengenai bagaimana struktur dan teknik penulisan artikel ilmiah serta bagaimana cara menembus jurnal bereputasi.

Sementara, dari pihak LP2M, Mohammad Takdir MHum, memberikan bimbingan cara membuat akun dan submit artikel jurnal via Open Journal System (OJS).

Agar tidak berhenti di workshop, kepala LP2M merencanakan tidak lanjut, yaitu dengan terus memberikan bimbingan dan arahan kepada para dosen dalam menulis artikel hingga submit artikel ke jurnal.

Acara yang dimulai pukul 08:00 WIB hingga 13:00 WIB itu dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Dr H Damanhuri MAg, Dekan Fakultas Syariah Drs H Abdul Halim MPdI, Dekan Fakultas Ushuluddin Dr Fathurrosyid MThI, Kaprodi PAI Fakultas Tarbiyah Mohammad Nihwan MPdI. Dari kalangan dosen putri yang menjadi peserta aktif tercatat sebanyak 13 orang dosen tetap.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)