INSTIKA Jadi Tuan Rumah Silaturahmi LPTNU dengan Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Sumenep

INSTIKA Ahad, 4 April 2021 14:33 WIB
424x ditampilkan Berita

Guluk-Guluk - INSTIKA - Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Sumenep menggelar Silaturahmi dengan Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) Se-Kabupaten Sumenep, Sabtu (3/4/2021), di Kampus Annuqayah (Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) dan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk).

Rektor INSTIKA, Drs Kiai Haji Ah Syamli MPdI, mengungkapkan kegembiraannya karena kampus Annuqayah dipilih sebagai tuan rumah dalam acara tersebut.

"Ke depan kalau ada pertemuan serupa INSTIKA dan IST siap untuk menjadi tuan rumah," katanya dalam sambutannya. "Bahkan siap menjadi kantor LPTNU," tambahnya lagi.

Kemudian Kiai Syamli mengajak seluruh pimpinan PT yang hadir pada saat itu untuk bersama-sama mewujudkan perguruan tinggi berprestasi setidaknya di tingkat Madura.

Di samping itu, juga meminta kerja sama di bidang penanggulangan radikalisme keagamaan. Sebab, akhir-akhir ini radikalisme keagamaan kembali ramai.

Berkenaan dengan kegiatan tersebut, Wakil Rektor 1 INSTIKA Dr H Damanhuri MAg, saat dihubungi secara terpisah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Silaturahmi Perguruan Tinggi di Madura bersama LPTNU Pusat. "Pada saat itu pimpinan PT Sumenep sepakat untuk mengadakan silaturahmi setiap 3 bulan sekali," katanya.

Lalu, lanjut Dr Daman, kampus Annuqayah diminta dan ditunjuk sebagai tuan rumah pada silaturahmi yang pertama. "Selanjutnya akan dilaksanakan di UNIJA," tambahnya.

Pada silaturahmi yang pertama ini, utusan PT di Sumenep yang hadir berhasil melakukan penandatanganan MoU dengan LPTNU. Selain itu juga berhasil membentuk Forum Pimpinan PT Kabupaten Sumenep, disingkat FP2TS.

PT yang menandatangani MoU itu adalah: INSTIKA, IST, UNIJA, INKADHA, IDIA, STAIM, dan STIDAR. "Seharusnya ada 12 PT, namun yang lain berhalangan hadir, maka masih 7 PT yang menandatangani MoU," kata Dr Damanhuri.

Sementara, tujuan dibentuknya forum pimpinan se-kabupaten Sumenep adalah untuk meningkatkan kualitas SDM Sumenep, baik dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. "Serta untuk merespons isu-isu mutakhir, baik dalam konteks lokal, regional dan nasional," jelas Dr Damanhuri.

Forum silaturahmi yang pertama ini juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Sumenep, Kiai Haji A. Panji Taufik.

Penulis: Masykur Arif (LP2D)